5 Kiat Jitu Dalam Mengusir Writer’s Block

Sebagai penulis pasti pernah merasakan buntu ide atau biasa disebut writer block. Tak berlebihan untuk dikatakan kalau hampir semua penulis baik professional hingga pemula pernah merasakan hal yang sama. Pasti tidak mengenakan jika sedang dalam deadline, eh, writer block melanda. Nah, Writer block sebenarnya bisa diatasi dengan 5 kiat jitu di bawah ini loh. Yuk kepo in sekarang juga !

    1. Ambil Jeda

    credit to IDNews.com

    Seperti layaknya tubuh yang butuh istirahat, pikiran kamu juga berhak istirahat. mengambil jeda saat writer’s block sangatlah penting karena dapat membantu kita untuk melepaskan stres dan ketegangan, memperbaiki mood dan energi, dan membuka pikiran kita untuk ide-ide baru.

    Jeda dapat membantu kita untuk menghilangkan stres dan ketegangan yang mungkin muncul saat mengalami writer’s block. Selain itu, jeda juga dapat membantu kita untuk memperbaiki mood dan energi kita, sehingga kita lebih siap untuk kembali menulis.

    2. Menulis Tanpa Henti

    credit to ellencoony.com

    Ketika kita menulis tanpa henti, kita membiarkan pikiran kita mengalir bebas tanpa harus terlalu khawatir tentang kualitas tulisan atau tata bahasa yang benar. Dalam prosesnya, kita mungkin menemukan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk mengembangkan cerita atau tulisan kita. Terkadang, kebuntuan kreativitas terjadi karena kita terlalu khawatir tentang hasil akhir dari tulisan kita. Dengan menulis tanpa henti, kita dapat membebaskan diri dari tekanan tersebut dan fokus pada proses menulis itu sendiri.

    Setelah melakukan kegiatan tersebut, baiknya untuk diingat kalau menulis tanpa henti tidak selalu menghasilkan karya yang sempurna. Setelah menulis tanpa henti, kita perlu meluangkan waktu untuk merevisi tulisan kita dan memperbaiki bagian-bagian yang masih perlu diperbaiki.

    3. Mulai Cari inspirasi

    credit to IDNews.com

    Setelah kamu membiasakan diri untuk terus menulis, kamu bisa mulai mencari inspirasi yang berbagai sumber seperti buku, film atau music. Atau selama kamu mengambil jeda, kamu bisa melakukan observasi di lingkungan sekitar yang bisa memberikan ide-ide menarik untuk bukumu seperti yang dilakukan oleh Harper Lee kala menulis To Kill The Mocking Jay, atau The Kite Runner karya Khaled Hosseini. Mulailah dengan mengamati orang-orang, kejadian sehari-hari, masalah yang dihadapi, dan lain sebagainya.

    4. Perbaiki Rutinitas Menulis

    credit to penulisgarut.id

    Cobalah untuk merubah rutinitas menulis kamu. KAmu bisa memulai dari merubah seperti tempat kamu biasa menulis, waktu, atau gaya menulis kamu. Hal ini dapat membantu memecah kebosanan atau kejenuhan yang mungkin menyebabkan writer’s block.

    5. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

    merahmuda.com

    Terkadang kebuntuan kreativitas dapat disebabkan oleh tekanan atau ekspektasi yang terlalu tinggi pada diri sendiri. Kamu mungkin terlalu fokus pada kualitas tulisan kamu dan merasa tidak yakin tentang kemampuanmu untuk menulis dengan baik. Kekhawatiran ini dapat membuat kamu merasa takut untuk menulis atau tidak bisa menghasilkan tulisan yang memuaskan.

    Cobalah bersikap lebih santai dan tidak terlalu keras pada diri sendiri. Ingatlah bahwa semua penulis pasti mengalami writer’s block dan tidak ada yang sempurna.

    Nah, setelah melakukan 5 trik jitu di atas, writer’s block kamu pasti hilang seketika.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Chat WhatsApp
    1
    Online 24 Jam
    Scan the code
    Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

    ✔ Transaksi aman anti penipuan
    ✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
    ✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

    Chat Admin sekarang, online 24 jam