5 Jenis Usaha Laundry di Indonesia.

Hallo teman-teman JagoKetik, kembali lagi dengan saya Jagoan Ketik yang kerap di sapa Mas Aan.

Artikel Kali ini saya akan membahas salah satu UMKM yang cukup diminati oleh para pelaku usaha di Indonesia, apa sih jenis usaha UMKM tersebut yang banyak dicari oleh pelanggan dan di buka oleh para pelaku usaha UMKM, langsung saja kita bahas ya!

Kalian tahu gak sih,  usaha laundry di Indonesia sangat-sangat menjanjikan apa lagi di daerah perkotaan. Dan kalian tahu gak,  ada banyak jenis-jenis dari usaha Laundry yang kerap diincar oleh para pelaku usaha maupun pelanggan-pelanggan setia Laundry.

Berikut ini Mas Aan akan sampaikan 5 Jenis Usaha Laundry di Indonesia yang sudah sangat menjamur di tengah masyarakat.

1. Laundry Coin

Teman-teman sudah pernah dengar tentang Laundry Coin? Jika teman-teman mendengar tentang Laundry Coin yang difikirkan adalah uang dengan pecahan 50 sampai 100 perak, maka kalian keliru. Seperti apa sih Laundry Coin? Saya berikan penjelasannya ya.

Laundry Coin adalah layanan Laundry dengan system swalayan atau yang lebih dikenal dengan istilah self service, dimana pelanggan akan mencuci pakaiannya sendiri dengan menggunakan uang logam, koin atau token.

Untuk penukaran uang tunai dengan coin-coin untuk mesin cuci Laundry biasanya menggunakan Vending Machine atau mungkin ditukarkan langsung oleh pegawai/staff di Laundry tersebut.

Selain itu biasanya Laundry Coin juga memberikan konsep semi café yang disediakan sembari menunggu cucian di selesaikan oleh mesin.

Salah satu contoh usaha Laundry Coin ini adalah Coin Laundry Lounge 59, yang berada di Jl Karbela Timur No.13 RT.009/RW.004 Kuningan, Karet, Kecamatan Setia Budi, Kota Jakarta Selatan.

Konsep Laundry Coin yang bernuansa Café ini memang selalu ramai didatangi oleh pelanggan-pelanggan karena konsep yang menarik.

2. Laundry Retail

Laundry yang satu ini cenderung sangat besar ketimbang Laundry Kiloan dan juga menawarkan jasa dry cleaning, Usaha Laundry ber-konsep bisnis retail ini kerap lebih serius dalam membersihkan pakaian. Laundry ini memiliki kemampuan untuk membersihkan yang memang sangat butuh penanganan khusus. Laundry retail biasanya memiliki sejumlah cabang di beberapa kota, bahkan ada yang berbentuk franchise. Salah satu Laundry Retail  “CLOP Laundry” yang berada di Jl. Bendungan Hilir XIII No.41, RW.3 Benda Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210.

3. Laundry Industry

Seperti namanya, salah satu jenis usaha laundry ini melakukan aktivitas dalam partai besar.

Siapa aja ya para customer-nya? Tentu saja seperti rumah sakit, perhotelan, pesantren, pabrik,  wisata penginapan dan sebagian lainnya.

Di butuhkan modal yang lumayan besar untuk usaha ini, karena mesin-mesin yang ada di dalam Laundry Industry, terdapat juga sejumlah bisnis dan industy besar yang tidak mampu membuat in-house laundry, atau divisi yang memang khusus untuk menangani laundry di perusahaan. Salah satunya ada LAVATRICE Laundry yang berada di Jl. TB Simatupang, No. 18.C, Cilandak Barat,  Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

4. Laundry Rumahan

Untuk seorang pemula  usaha laundry merupakan usaha yang bisa dibilang simple serta mudah untuk dikerjakan siapapun. Bagi pemula pelaku usaha laundry yang belum mempunyai modal terlalu besar untuk menyewa ruko, bisa diakali dengan pemanfaatan ruang kosong di rumah. Selain bisa memangkas modal awal, juga tentunya bisa lebih flexble waktu kerja laundry kita. Kita hanya perlu menyiapkan peralatan lain nya seperti mesin cuci, setrika, timbangan, plastik kemasan, deterjen sama pewangi pakaian. Jadi cukup simple untuk memulai bisnis laundry rumahan ini.

5. Laundry Kiloan

Laundry yang paling sering diminati oleh penggemar setia Laundry ini tentunya adalah Laundry Kiloan. Laundry ini juga menyediakan jasa setrika, cuci karpet, bed cover dan Banyak lainnya. Seperti Karomah Laundry, Laundry terbaik se Tangerang Selatan loh, apa sih yang menarik dari Laundry ini? Tentu saja banyak banget yang menarik loh dari Laundry ini. Kalian tahu gak untuk di laundry Karomah ada promo menarik bagi pelanggan setianya, mereka memberikan asistensi kepada para pelanggan setia dengan cuci gratis peralatan sholat setiap hari Jum’at. Tetapi khusus untuk tempat ibadah seperti Masjid atau Mushola tidak ada hari, jadi setiap hari gratis. Ada juga free 2kg setiap cuci 5x, promo free 3kg bagi yang berulang tahun dan pastinya gratis antar jemput kemana saja tanpa batas tertentu.

Menarik banget ya promo-promonya.

Laundry ini beralamat di JL. Benda Raya Blok F31/31 Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Berikut artikel Mas AAN mengenai 5 Jenis Usaha Laundry di Indonesia, sampai bertemu kembali teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam