5 Ide Perlombaan untuk Memperingati Hari Kemerdekaan NKRI

Hari kemerdekaan NKRI bertepatan pada hari libur nasional yang diadakan di Indonesia untuk memperingati perjuangan para pahlawan Indonesia pada tanggal 17 agustus. Pada tanggal tersebut adalah terjadinya momen bersejarah dimana bangsa Indonesia memproklamasi kemerdekaan setelah lama di jajah oleh bangsa asing di tahun 1945.

Nilai yang dituangkan pada perlombaan ini adalah untuk memupuk kebersamaan dan budaya kerjasama yang menjadi fondasi utama saat bangsa Indonesia berjuang untuk mengusir penjajah. Perlombaan ini diadakan agar para anak muda memahami arti perjuangan, kekompakan dan jiwa tidak mudah menyerah dalam mencapai suatu hal.

Di seluruh Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan, masyarakat di berbagai tempat mengadakan perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan tersebut. Berikut ini 5 ide perlombaan yang cocok untuk diadakan serta dapat meningkatkan kekompakan dan menumbuhkan rasa pantang menyerah bagi anak muda :

1. Perlombaan Tarik Tambang

Perlombaan tarik tambang adalah perlombaan yang terdiri 4 hingga 5 orang dalam satu tim dimana setiap tim harus bisa memenangkan perlombaan dengan menarik tali tambang melewati area yang ditentukan atau hingga tali tambang lawan tertarik ke area kita. Kerja sama untuk menarik tali dan kekompakan untuk menyelaraskan tenaga tarikan adalah kunci untuk memenangkan perlombaan ini.

2. Perlombaan Memindahkan Karet dengan Sedotan

Perlombaan ini biasanya diadakan untuk memeriahkan perlombaan dikalangan anak- anak hingga dewasa. Perlombaan memindahkan karet dengan sedotan juga diadakan secara tim, dimana setiap tim berbaris dan memindahkan karet dengan sedotan menggunaan mulut ke mulut. Tim terbanyak mengumpulkan karet adalah pemenangnya.

3. Perlombaan Gerak Jalan

Gerak jalan adalah perlombaan yang sering diadakan di sekolahan ataupun di masyarakat.  Perlombaan ini juga membutuhkan kekompakan supaya setiap anggota dapat menyelaraskan gerakan ketika berjalan. Tidak hanya itu juga, biasanya setiap tim membuat suatu yel-yel untuk menunjukkan kekompakan mereka.

4.Perlombaan Balap Karung

Perlombaan balap karung adalah perlombaan dimana setia anggota berlari menggunakan karung. Jika biasanya ketika berlari tanpa karung lebih muda, ketika  berlari menggunakan karung biasanya peserta kesulitan sehingga harus melompat dari satu titik start hingga ketitik selanjutnya dan dilanjutkan oleh anggota lain hingga  mencapai garis finish.

5. Perlombaan Panjat Pinang

Pada perlombaan panjat pinang sangat menonjolkan kebersamaan, hal ini dikarenakan masyarakat membentuk sebuah tim yang mana anggota satu sama lain harus bekerja sama agar dapat mencapai puncak dan memperoleh hadiah yang sudah disediakan di bagian atas tiang. Tidak semudah itu, biasanya tiang yang digunakan untuk panjat pinang dilapisi oleh minyak atau oli sehingga licin ketika dipanjat. Anggota yang menjadi tumpuan dibagian bawah harus kuat sehingga tidak mudah goyah ketika anggota lain naik diatas tubuhnya. Nilai keuletan menjadi kunci kemenangan pada perlombaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam