5 Cara Belajar Yang Efektif Dan Menyenangkan

Belajar sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelajar dan juga mahasiswa. Namun seringkali, belajar menjadi sebuah beban sehingga apa yang kita pelajari tidak dapat terserap dan dipahami dengan baik.

Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang cara belajar yang efektif dan menyenangkan sehingga kegiatan belajar menjadi suatu aktivitas yang selain bermanfaat juga memberikan kenyamanan.

Nah, biar proses belajar tidak lagi jadi momok yang menyebalkan, berikut ini beberapa tips agar belajar menjadi lebih efektif dan juga menyenangkan :

1. Menjauhkan Smartphone

Di zaman yang serba digital ini, smartphone adalah benda yang tidak pernah lepas dari tangan kita.

Namun ketika kita sedang belajar, smartphone adalah benda pertama yang harus kita jauhkan dari jangkauan dan pandangan kita.

Hal ini untuk menjaga agar kita tidak tergoda untuk melihat Instagram, membuka WA yang tidak penting dan melihat berbagai notifikasi lainnya, yang bisa mengganggu konsentrasi dalam belajar.

2. Tempat Belajar Yang Nyaman

Tempat belajar yang nyaman juga merupakan hal yang penting agar proses belajar menjadi lebih efektif dan juga menyenangkan. Situasi yang nyaman dan tenang dapat membuat otak kita bekerja lebih maksimal sehingga dapat menyerap informasi-informasi yang sedang kita pelajari.

Tempat yang nyaman itu bisa dimana saja. Hal yang penting adalah, suasananya harus kondusif untuk kita belajar. Apabila kita sering belajar di kamar, maka pastikan kamar telah dalam keadaan bersih, memiliki aliran udara yang baik dan juga memiliki pencahayaan yang baik.

3. Menentukan Jam Belajar Dan Durasinya

Pastikan kita mempunyai waktu khusus yang kita jadwalkan untuk belajar, semisal 2 jam dalam sehari. Jangan juga terlalu lama, karena akan membuat kita cepat bosan dan malah menjadi tidak efektif.

Dengan membuat waktu belajar yang khusus, otak dan tubuh kita dapat menjadi lebih siap untuk belajar. Sehingga materi yang ada, dapat lebih mudah diserap dan dipahami.

4. Ciptakan Cara Belajar Buat Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri adalah hal yang penting. Pahami keinginan diri sendiri dan tujuan yang ingin kita capai, merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dalam proses belajar.

Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri dan juga kondisi yang dianggap nyaman untuk belajar. Ada yang sambil mendengarkan musik, ada yang harus benar-benar tanpa suara. Ada yang harus belajar dengan teman, ada yang lebih nyaman bila sendirian.

Kenali diri sendiri, cobalah berbagai kondisi dalam belajar dan kemudian tinjau kembali mana cara belajar yang paling tepat untuk kita lakukan.

5. Olahraga Yang Rutin

Melakukan olahraga yang rutin, dapat menjadi salah satu faktor yang membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan juga menyenangkan. Tujuan dari berolahraga adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan juga sehat.

Dengan memiliki kondisi tubuh yang segar dan sehat, otak kita juga menjadi lebih segar sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini tentu juga akan membuat kita menjadi lebih fokus dan juga lebih mampu untuk menerima serta memahami berbagai informasi yang sedang kita pelajari.

Demikianlah beberapa cara belajar yang efektif dan menyenangkan dalam belajar sehingga kita dapat memperoleh hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam