5 Cara Ampuh Atasi Stuck Saat Skripsi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Skripsi menjadi salah satu tugas besar dan berat yang harus mahasiswa tingkat akhir kerjakan. Tidak jarang, saat mengerjakan skripsi Anda akan merasa kebingungan hingga kehilangan motivasi. Karena itu, penting bagi Anda mengetahui cara atasi stuck saat skripsi.

Faktor penyebab stuck saat skripsi ternyata cukup beragam, bisa karena penelitiannya yang sulit atau faktor lain seperti sulitnya mencari sumber materi hingga dosen yang tidak bisa dihubungi. Karena hal-hal tersebut, kerap kali motivasi mengerjakan skripsi Anda hilang begitu saja.

Bagi beberapa orang, mungkin termasuk juga Anda merasa bahwa mengerjakan skripsi bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya karena penelitiannya yang sulit, Anda juga pasti kerap merasa motivasi yang Anda miliki turun naik.

5 Cara Ampuh Atasi Stuck Saat Skripsi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Karena tantangan dalam mengerjakan skripsi cukup banyak, jadi Anda harus berusaha untuk mengatasi hal-hal tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengembalikan motivasi dalam mengerjakan skripsi seperti berikut ini:

1. Ambil Waktu Istirahat

Beberapa dari Anda yang sedang mengerjakan skripsi akan menganggap bahwa istirahat hanya membuang-buang waktu. Anda yang terlalu ambisius untuk menyelesaikan skripsi seringkali melupakan waktu istirahat hingga akhirnya Anda merasa stuck.

Padahal, terus-terusan mengerjakan skripsi hanya akan membuat Anda jenuh dan kehilangan motivasi. Jadi, Anda bisa mengambil waktu istirahat dan menjauh dari skripsi. Lakukan kegiatan yang Anda suka dan bersantailah sejenak.

2. Teguhkan Kembali Tujuan

Anda yang masih berjuang mengerjakan skripsi hingga sekarang pastinya karena memiliki tujuan dan harapan. Anda bisa kembali mendapatkan motivasi untuk mengerjakan skripsi dengan meneguhkan kembali dalam hati bahwa Anda memiliki mimpi.

Beberapa dari Anda pasti ingin segera lulus karena berbagai alasan, baik itu keuangan hingga orang tua. Atau bahkan, Anda juga bisa memberi semangat diri sendiri dengan mengingat bahwa setelah lulus Anda akan terbebas dari jeratan skripsi.

3. Buat Suasana Baru

Terdengar sepele, tapi ternyata suasana yang baru dapat meningkatkan motivasi Anda dalam mengerjakan skripsi. Karena itu, saat Anda stuck mengerjakan skripsi, Anda bisa mencoba mengganti beberapa suasana.

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan suasana berbeda yaitu dengan mengubah tempat biasa Anda mengerjakan skripsi. Ubah tatanan meja atau bisa juga pindah ke lokasi baru. Anda juga bisa membangun suasana baru dengan lagu-lagu baru.

4. Berkumpul Bersama Teman Seperjuangan

Sering kali Anda terlalu fokus saat mengerjakan skripsi hingga tidak pernah lagi berkumpul bersama teman. Padahal, berkumpul bersama teman terutama teman yang sama-sama sedang dalam proses pengerjaan skripsi bisa meningkatkan motivasi.

Dengan berkumpul dan berbincang dengan teman-teman, maka Anda tidak lagi merasa sedang berjuang sendirian. Selain itu, berkumpul dengan teman-teman juga menjadi salah satu cara mengatasi jenuh saat mengerjakan skripsi.

5. Beri Reward

Pemberian reward atau penghargaan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan semangat mengerjakan skripsi. Jadi untuk kembali mendapatkan motivasi, tidak ada salahnya Anda memberikan reward untuk diri sendiri.

Tidak perlu menunggu skripsinya selesai, Anda bisa memberikan reward tersebut saat Anda berhasil meraih pencapaian-pencapaian kecil. Anda bisa memberikan hadiah kecil untuk diri Anda sendiri setelah menyelesaikan satu bab skripsi.

Perlu Anda ketahui, stuck atau kehilangan motivasi saat mengerjakan skripsi merupakan hal yang wajar. Bagaimana tidak, tekanan dalam mengerjakan tugas penentu kelulusan tersebut memang sangat banyak dan berat.

Karena itu, Anda harus pintar-pintar mengatasi masalah-masalah yang Anda hadapi saat mengerjakan skripsi. Jika kemudian Anda stuck dan kehilangan motivasi, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara atasi stuck saat skripsi di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Jagoketik.com. All Rights Reserved.
Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam