Yuk Kenalan Sama Jurusan Kimia!

Bagi orang awam, kimia mungkin adalah suatu hal yang menakutkan. Kimia sering disangkut pautkan dengan zat berbahaya, laboratorium menyeramkan bahkan sampai kepada bom dan nuklir!

Padahal, tidak semua zat kimia itu berbahaya, penggunaan zat kimia berlebih baru membahayakan.

Balik lagi pada pepatah “semua yang berlebihan itu tidak baik”, dan berlaku pada semua aspek, bukan hanya pada bidang kimia saja.

Tanpa disadari, semua hal disekitar kita adalah zat kimia, baju yang kita pakai sekarang ini adalah bahan kimia berupa polimer, begitu juga dengan perabotan rumah.

Perhiasan dan aksesoris tambahan yang sering kita pakai juga merupakan bahan kimia.

Kerenkan? Keren dong! Dengan belajar kimia, berarti kita bisa mendekatkan diri pada alam, bisa mengetahui bagaimana proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa alam.

Mengenal Jurusan Kimia

Yuk, kita kenalan sama jurusan kimia!

Pada jurusan kimia, kita akan diajarkan tentang senyawa-senyawa kimia, seperti senyawa organik serta anorganik.

Senyawa organik adalah semua senyawa yang terdapat pada alam, dan umumnya merupakan zat penyusun dari makhluk hidup seperti senyawa karbon, oksigen dan nitrogen.

Sementara senyawa anorganik anorganik adalah semua senyawa yang terdapat dalam mineral di dalam bumi, seperti senyawa aluminium.

Setelahnya kita akan belajar menganalisis suatu senyawa, baik untuk menganalisis kandungan dari sebuah bahan kimia (kualitatif) ataupun menganalisis kadar senyawa dalam suatu bahan (kuantitatif).

Semua dipelajari secara sistematis dan terperinci, seperti sedang melakukan sebuah eksperimen atau riset penelitian.

Belum lagi, kita akan mempelajari bagaimana mekanisme reaksi biokimia yang terjadi pada tubuh kita.

Mengenai bagaimana tubuh kita menghasilkan energi sampai kepada mempelajari fungsi dan kegunaan dari makromolekul yang ada di tubuh.

Kalau ngomongin masalah kimia, belum lengkap dong tanpa kehadiran atom? Yap, dalam jurusan kimia juga diajarkan materi mengenai atom, tapi bukan pelajaran atom seperti di SMA.

Kita akan diperkenalkan pada sebuah proses kimia yang selama ini kita ketahui, tapi menggunakan prinsip dan konsep fisika loh!

Mulai dari pengenalan hukum “energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan dapat diubah bentuknya” sampai kepada prinsip ketidakpastian Heinsenberg dimana dapat menjelaskan fenomena keberadaan atom.

Semua ini akan dibahas pada mata kuliah kimia fisika, keren kan kita bisa belajar kimia dan fisika dalam satu waktu? Disini kita juga bisa mengenal atom, mempelajari fenomena-fenomena makro dan mikroskopik, mempelajari pertukaran energi dalam bentuk kalor, kinetika dan dinamika reaksi kimia, serta mekanika kuantum yang mempelajari energi pada skala atomik.

Gimana? Keren bangetkan jurusan kimia? Kerenlah! Yuk, masuk ke jurusan kimia? Siapa tau bisa membuat penemuan keren kaya di film ‘Ant Man’ yang berhubungan dengan mekanika kuantum.

Bisa membuat penemuan-penemuan keren yang berkaitan dengan ilmu kimia dan fisika, atau malah bisa menjadi seperti Tony Stark!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!