5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kuliah di Jurusan Teknik

Bagi mahasiswa baru angkatan 2022 yang sedang menghadapi berbagai ujian masuk perguruan tinggi dan yang ingin memutuskan untuk memilih jurusan teknik, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan apakah akan memilih jurusan teknik atau tidak. Yuk simak apa aja.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kuliah di Juruan Teknik

1. Kenali Minatmu

Sebelum memilih kuliah di jurusan teknik, terlebih dulu kamu harus menentukan minat yang sudah kamu senangi sedari awal, karena hal ini menjadi alasan utama kamu untuk memilih jurusan kamu kedepannya dan hal ini menjadi motivasi terbesar mu selama kuliah nantinya dan tetap mampu bersaing selama berkuliah.

Jika kamu suka menggambar maka jurusan seperti Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Sistem Teknologi Informasi bisa menjadi pilihan kamu, menyukai gambar bukan berarti harus masuk jurusan seni tetapi bisa juga masuk teknik, sebab intuisi dan cara kamu menyusun menjadi gambar yang bagus merupakan bagian dari teknik, karena diproses tersebut kamu menggunakan teknik dan mengolah intuisi kamu menjadi sebuah karya melalui cara yang tersistematis, yang mana hal ini adalah skill yang harus dimiliki di dunia teknik.

2. Kenali Jurusan yang Sesuai dengan Minat Bakatmu

Ada banyak jurusan di teknik, mulai dari Teknologi Informasi, Teknologi Mineral, Teknologi Pangan, Desain Komunikasi, dan lain-lain. Oleh karena itu perbanyak informasi jurusan tersebut, kamu bisa searching dulu dari google, bertanya-tanya ke senior sekolah SMA kamu yang sudah terlebih dahulu kuliah dan menonton video pengalaman berkuliah beberapa orang dari youtube yang mana hal ini akan memperluas pilihan kamu kedepannya.

3. Tentukan Universitas Tujuan Kamu

Setelah kamu mengenali minat bakat mu serta jurusan kamu, langkah selanjutnya adalah menentukan dimana kamu akan berkuliah.

Hal ini penting kamu tentukan karena tiap universitas akan menawarkan berbagai jenis program, kurikulum yang berbeda, sistem pembelajaran yang berbeda sehingga kamu perlu mengetahui di kampus tersebut gambaran secara umumnya seperti apa dan yang cocok dengan kriteria mu seperti apa, tentunya semakin lengkap fasilitas yang diberikan kampus kepada mahasiswa akan membuat kamu dapat lebih berkembang dan membuat peluang semakin terbuka lebar ketika akan memasuki dunia kerja nantinya.

4. Cari Tahu Prospek Jurusan Kamu

Dalam menentukan jurusan teknik yang akan kamu pilih pastikan kamu sudah mengetahui gambaran umum terkait prospek lulusan kerja dari jurusan tersebut.

Hal ini penting untuk kamu ketahui sebab rata-rata memang jurusan teknik akan menawarkan gaji dengan rate yang besar, namun hal tersebut bersamaan dengan resiko kerja yang ditawarkan, oleh karena itu sebelum memilih jurusan mu lagi lagi kamu harus menyeleraskannya dengan kemampuan mu

5. Catat Waktu-waktu Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi

Setelah 4 point di atas kamu dalami, selanjutnya saat tekadmu sudah bulat tentunya adalah mendaftar ke perguruan tinggi, catat jadwal-jadwal penting pendaftaran dari universistas tujuan kamu dan beberapa universitas yang menawarkan jurusan yang sama agar kamu memiliki pilihan cadangan sebagai langkah preventif saat nantinya kondisinya kamu gagal di tahap pendaftarannya.

Begitulah beberapa hal penting yang harus kamu lakukan sebelum menentukan akan kuliah di jurusan teknik. Terutama buat kalian angkatan 2022 yang akan segera masuk ke perguruan tinggi, tetap semangat dan galilah informasi sebanyak-banyaknya ya.

Terutama pada masa-masa pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri masuk perguruan tinggi kamu harus benar-benar memastikan dengan baik semua informasi tentang jurusan dan kampus yang akan kamu masuki, tetap semangat dan jangan lupa untuk berdoa selalu!!!

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam