Trik Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Kemampuan Mendengar atau Listening tidak dapat kita pisahkan saat mempelajari suatu bahasa, tak terkecuali bahasa Inggris.

Mari kita simak beberapa tips dan trik yang telah disimpulkan oleh penulis melalui pengalaman pribadi dan kolaborasi antara penelitian singkat dan pembelajaran dari berbagai guru yang berpengalaman.

1. Mendengarkan lagu dalam bahasa inggris sesering mungkin

Ada beragam pilihan lagu-lagu barat dari berbagai genre yang bisa kita dengarkan setiap hari.

Selain bagus untuk membangun mood di pagi hari, lagu yang menyenangkan dan sesuai dengan pilihan kita akan lebih diterima dalam pikiran kita sehingga kita akan lebih mudah dalam menyerap dan menerimanya.

2. Menonton berbagai video atau film barat, dengan tanpa menggunakan subtittle

Jika Anda ingin melatih kemampuan listening, maka jangan biasakan menonton film barat dengan subtitle.

Latih kemampuan telinga anda dalam menangkap kata-kata yang diucapkan, dan pertajam kemampuan guessing atau menebak arti dari setiap kata yang anda dengar.

3. Mendengarkan Podcast milik orang asing atau native speaker

Dalam mempelajari bahasa inggris, ada berbagai aksen dan dialek yang dimiliki para pembicara, baik itu guru, teman-teman kita orang asing, kolega, dan sebagainya.

Melalui podcast kita dapat melatih kemampuan telinga untuk mengenali dan membedakan beragam aksen dan dialek yang mungkin akan kita temui dalam berkomunikasi dengan bahsa inggris secara luas.

4. Menonton berita dari stasiun TV luar negeri

Salah satu aktivitas kita setiap harinya adalah mendapatkan berita terupdate tentang apa yang terjadi disekitar kita, mari kita upgrade untuk mendengarkan berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia, melalui video berita, seperti misalnya BBC, CNN, CNA dan masih banyak lagi.

Selain melatih kemampuan listening, secara bersamaan wawasan kita juga akan bertambah.

5. Melihat youtuber yang membahas tentang self improvement

Ini seperti peribahasa “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”, selain melatih telinga kita dalam memamhami percakapan bahasa inggris, kita juga dapat menambah wawasan dalam bagaimana mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri kita.

Ada banyak sekali pilihan, mulai dari kemampuan dalam bidang akademik, kemampuan bersosialisasi, penyelesaian konflik dan sebagainya.

6. Setiap sebelum tidur, bacalah kamus secara rutin, tulis kata-kata yang `mengena` di pikiranmu

Biasakan sesering mungkin membaca kamus, untuk memperkaya kosa kata yang kamu miliki.

Kamus yang dimaksud adalah Kamus Inggris – Indonesia, atau Kamus Inggris-Inggris.

Kebiasaan membaca kamus akan membantu kamu dalam memberikan gambaran tulisan dari kata-kata yang kamu dengar dalam listening section.

7. Cobalah untuk mendengarkan materi listening saat Anda tidur

Ini adalah usaha kita untuk memaksimalkan alam bawah sadar kita.

Saat kita tidur, semuanya akan istirahat namun kita dapat membiasakan telinga kita untuk mendengarkan kalimat-kalimat dalam bahasa inggris, dan alam bawah sadar kita akan mempelajarinya.

Kita juga akan lebih mudah dalam mempelajarinya kembali.

8. Berlatih mengucapkan kata-kata yang kamu dengar

Pelajari pronunciation dan berlatih mengucapkan secara berkelanjutan. Hafalkan, rangkailah dalam suatu kalimat dengan susunan tata bahasa yang tepat.

9. Tidak perlu takut salah, semua butuh proses.

Kita sebagai orang indonesia seharusnya lebih bersyukur, karena kita mudah untuk mempelajari berbagai bahasa yang baru, dengan lidah kita yang cukup fleksible.

Umunya masyarakat kita memiliki kemampuan dalam dua bahasa (bilingual) atau malah multilingual.

Jadi nikmatilah proses kita belajar sesulit apapun itu, dan hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

Sumber gambar : kknews.cc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!