Tips agar terhindar dari HOAX

Memasuki era revolusi industry 4.0, internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita sulit lepas dari pemanfaatan internet.

Penggunaan internet yang semakin massive, juga mendorong pergerakan informasi yang sangat pesat.

Netizen Indonesia masih memiliki perilaku yang sangat konsumtif, seringkali membuat persebaran informasi yang akurat dan informasi bohong atau hoax menjadi tumpang tindih.

Pengertian Hoax, menurut KBBI, merupakan berita bohong.

Sebuah rekayasa informasi untuk menyembunyikan informasi yang sebenarnya agar menguntungkan pihak tertentu, dan dapat merugikan pihak lainnya.

Pembuatan hoax dimaksudkan untuk menciptakan persepsi atau opini public, dan mau tidak mau hoax menuntut pengguna internet untuk lebih jeli dan cerdas dalam menerima, mengolah dan meneruskan berita.

Hoax dapat merupakan sebuah bentuk pengalihan isu.

Kebanyakan pelaku kejahatan dunia maya melancarkan aksinya dengan menyebarkan berita bohong, seperti misalnya mengirimkan tautan website yang berisi undian berhadiah, cara meraih keuntungan yang sangat besar denga cara yang sangat mudah,  pendaftaran kartu prakerja palsu, pendaftaran seleksi CPNS palsu, maupun tautan yang berisi video tidak senonoh.

Saat Anda mengklik tautan tersebut, maka berbagai data Anda dapat dengan mudahnya mereka akses dan melancarkan aksinya.  

Selain itu, salah satu tujuan utama penyebar hoax adalah memunculkan kecemasan publiK, seperti dengan adanya kabar palsu tentang bencana, potensi bencana, kecelakaan, dan sebagainya.

Seperti dilansir dari halaman resmi covid19.go.id, sampai pada bulan Februari 2021 terdapat sebanyak 1402 hoaks mengenai Covid 19.

Sebagian besar orang tidak suka dengan hoax, namun sayangnya banyak orang yang masih belum bisa membedakan berita yang benar dan hoax, sehingga tanpa menyadari telah ikut menyebarkan berita hoax.

Hal ini membuat pihak yang difitnah mengalami kerugian yang semakin besar.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mengidentifikasi hoax, sehingga kita tidak terjebak di dalamnya :

  • Berhati-hati dengan judul yang provokatif
  • Mengamati alamat situs atau sumber referensi yang digunakan
  • Memeriksa Fakta
  • Memeriksa keaslian gambar dan atau video yang digunakan
  • Berpartisipasi dalam grup diskusi yang bersifat anti hoax

Seringkali pembuat hoax bertujuan untuk mengail dalam air keruh, dan menyasar siapa saja yang masih kurang waspada dengan hoax.

Dibutuhkan Kerjasama antara masyarakat luas, pemerintah dan pemilik media online dalam menghentikan peredaran hoaks, meminimalisir keberadaan hoaks dari internet.

Jadi, mari kita lebih waspada dan berhati-hati dalam bertukar informasi di dunia maya.

Sumber Referensi :

  • “Ini Cara Mengatasi Berita Hoax di Dunia Maya” yang diakses pada April 2021, dalam https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media
  • “Hoax Adalah Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya di Dunia Maya Dengan Mudah”, yang diakses pada April 2021, dalam https://www.liputan6.com/news/read/3867707/hoax-adalah-ciri-ciri-dan-cara-mengatasinya-di-dunia-maya-dengan-mudah
  • “Mengenal Arti Hoax Atau Berita Bohong dan Cara Tepat Menyikapinya”, yang diakses pada April 2021 dalam  https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-arti-hoax-atau-berita-bohong-dan-cara-tepat-menyikapinya-kln.html
  • “Masyarakat Harus Waspada, AdA 1402 Hoaks Terkait Covid-19”, yang diakses pada April 2021 dalam https://covid19.go.id/p/hoax-buster/masyarakat-harus-waspada-ada-1402-hoaks-terkait-covid-19
Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!