Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Penguji Waktu Sidang

Status menjadi mahasiswa akhir disemua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, pasti akan mengalami fase dimana sebagai seorang mahasiswa harus mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama masa perkuliah dalam bentuk penelitian yang dituangkan dalam tugas akhir atau yang biasa disebut dengan karya akhir.

Dalam pelaksaan sidang skripsi akan ada sejumlah pertanyaan yang akan diajukan oleh penguji yang bertujuan untuk mengkonfirmasi kesesuaian hasil penelitian yang telah dilakukan mahasiswa, ada 5 pertanyaan dalam pelaksaan sidang skripsi yang sangat sering ditanyakan oleh para penguji, antara lain sebagai berikut:

Jelaskan landasan dari penelitian yang anda ambil

Mahasiswa kebanyakan akan merasa sulit dalam menjawab pertanyaan ini, karena pertanyaan ini dilontarkan untuk mengetahui konsep dasar penelitian yang akan dilakukan dan kesempatan tim penguji untuk dapat menilai logika berpikir dari cara mahasiswa tersebut dalam menjawabnya.

Jelaskan rumusan masalah yang sesuai dengan penelitian

Pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah, bisa diibaratkan seperti inti dari suatu penelitian. Rumusan masalah akan menjadi jantungnya dalam suatu penelitian, dari rumusan masalah mahasiswa diharapkan mampu menghubungkan antara judul penelitian, landasan penelitian, tujuan penelitian, dan kesimpulan. Namun bagi sebagian mahasiswa tidak dapat menjawabnya.

Apa tujuan dari penelitian anda?

Pertanyaan ini merupakan rangkaian pertanyaan lanjutan yang sering muncul dalam sidang skripsi, bagi mahasiswa yang kurang memahami penelitian maka akan kesusahan dalam menjawab pertanyaain. Padahal jawaban dari tujuan penelitian berhubungan erat dengan rumusan masalah.

Jelaskan cara anda dalam mendapatkan data penelitian

Agar dapat menjawab pertanyaan ini, peneliti disini mahasiswa harus memahami metodelogi telah dituangkan dalam skripsinya. Dimulai dari design penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, dan metode analisa data. 

Jelaskan kesimpulan penelitian anda

Kesimpulan dalam suatu skripsi terletak dibagian akhir laporan penelitian. Kesimpulan ini sering salah dijawab oleh mahasiswa karena sebagian besar mahasiswa menjawab dari hasil pembahasan dalam penelitian padahal untuk menjawab kesimpulan, mahasiswa harus paham rumusan masalah yang telah dibuat.

Keberadaan skripsi/ tesis/disertasi yang menjadi karya terakhir mahasiswa saat menempuh jenjang perkuliahan sampai sekarang masih menjadi momok yang menakutkan, tidak sedikit mahasiswa menjadi apatis dalam mengerjakan skripsinya dan menjadi penghalang mahasiswa untuk menyelesaikan masa studinya.

Proses pengerjaan skripsi pada masing-masing mahasiswa berbeda-beda tergantung niat dari mahasiswa itu sendiri, ada yang cepat hanya beberapa bulan sudah selesai ada juga yang lama sampai memakan habis masa studinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam