Peran Generasi Muda Dalam Menghadapi Covid

Covid-19 merupakan wabah penyakit yang pertama kali muncul di kota Wuhan, provinsi HubeiChina pada akhir tahun 2019.

Wabah penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus SARS-COV-2.

Saat ini covid-19 sudah menyebar luas dan sangat pesat di berbagai penjuru dunia tanpa kecuali negara Indonesia.

Di negara Indonesia kasus Covid-19 terus bertambah bahkan saat ini terdapat varian baru dari Covid-19 yaitu omicron.

Menurut kementerian kesehatan Republik Indonesia (kemenkes RI) mengatakan bahwa saat kasus omicron terdapat 1.396 kasus dimana 840 orang berasal dari mayoritas melakukan perjalanan ke luar negeri.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO menjelaskan bahwa corona virus merupakan salah satu keluarga besar virus yang menyebabkan pada makhluk hidup.

Manusia yang terkena virus ini akan memperlihatkan gejala – gejala infeksi pada saluran pernafasan dimulai dari flu sampai yang lebih serius bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan saja tetapi juga pada aspek ekonomi.

Dengan dampak virus covid-19 yang diberikan tersebut menyebabkan pemerintah memberlakukan kebijakan new normal dimana kebijakan ini berorientasi untuk memproduktifkan kembali kehidupan masyarakat untuk membangun kembali aspek ekonomi.

Kebijakan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang penuh tanggung jawab.

Kebijakan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia terlebih lagi generasi muda.

Generasi muda memiliki peran yang sangat penting.

Peran generasi muda diatur dalam Undang – Undang di mana generasi muda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala bidang pembangunan nasional.

Kesadaran generasi muda dalam melaksanakan tanggung jawabnya kepada negara pada pandemi covid-19 ini dapat dilakukan dengan berbagai konsep.

Terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat ini sangat membantu generasi muda dalam menghadapi covid-19.

Generasi muda mempunyai kelebihan dibanding generasi lainnya diataranya yaitu pada sifat kreatifitas, idealisme serta melek terhadap teknologi.

Kelebihan yang dimiliki oleh generasi muda tersebut harus diberdayakan dalam upaya mengatasi berbagai dampak dari pandemi covid-19 di negara Indonesia baik dilakukan secara personal maupun berkelompok dan dilakukan secara offline maupun online.

Dalam pelaksanaan peran generasi muda dalam menghadapi pandemi covid-19 masih diperlukan sosialisasi dan pembekalan yang mumpuni mengenai pandemi covid-19.

Menurut Dosen Psikologi dan Kesehatan Mental universitas Airlangga, Margatetha menjelaskan ada beberapa peran penting generasi muda dalam menghadapi virus covid-19 yaitu pertama, para generasi muda menjaga kesehatan dengan kesadaran kesehatan publik di atas kesehatan individu dan kelompok.

Kedua yaitu generasi muda harus siap dalam mengelola tantangan hidup ke depan dan dapat berkarya untuk menciptakan peluang kerja yang baru.

Terakhir yaitu generasi muda diharapkan dapat menjadi tonggak harapan hidup yang lebih maju baik secara ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peran generasi muda dalam menghadapi covid-19 sangat penting.

Dengan adanya peran generasi muda yang dapat dilakukan dengan berbagai cara baik dalam melakukan kegiatan sosialisasi, bakti sosial dan terutama menjaga kesehatan bersama dengan cara menjaga kesehatan dari diri sendiri baik dilakukan offline dan online.

Hal ini menyebabkan lancarnya kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus covid-19 yang semakin hari semakin meningkat.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda diharapkan tetap melakukan pengabdian kepada negara dengan cara mengikuti aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar tidak merugikan orang lain dan angka penyebaran covid-19 yang ada di Indonesia tidak mengalami peningkatan dan dapat kembali normal.

Sumber:

Nanggala, A. (2020). Peran Generasi Muda Dalam Era New Normal. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 81-92.

Ardhi Prabowo, L., & Muhibbin, A. (2021). Sikap Pemuda Karang Taruna Terhadap Anjuran Pemerintah Dalam Menghadapi Covid-19 Di Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

https://surabaya.liputan6.com/read/4392613/jelang-hari-sumpah-pemuda-melihat-peran-generasi-muda-di-tengah-pandemi-covid-19. (diakses pada 23 Januari 2022).

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5911536/terbaru-ini-20-negara-penyumbang-kasus-omicron-terbanyak-di-indonesia?. (diakses pada 23 Januari 2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam