Mengenal WTI dan Brent : Apasih bedanya?

Bahan bakar fosil (hidrokarbon) atau biasa disebut minyak mentah atau raw petroleum diperoleh dari residu-residu makhluk hayati yang sudah terkubur didalam tanah selama jutaan tahun, melalui proses exposisi alami oleh panas dan tekanan yang ekstrim kemudian membentuk kumpulan minyak di dalam reservoir yang kita kenal sampai saat ini. Raw petroleum menjadi komoditas utama dunia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan energi di masing-masing negara.

Oleh sebab itu dibentuklah OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) yang saat ini diperanggotakan oleh 13 negara pemasok minyak mentah tersebar seluruh dunia. OPEC sendiri menggunakan acuan harga Brent, sedangkan Amerika Serikat menggunakan acuan harga WTI. OPEC bertugas mengatur kestabilan produksi dan distribusi minyak mentah yang sangat berpengaruh pada harga minyak mentah dunia, hal ini menyebabkan OPEC memiliki peran yang kuat dalam kestabilan harga minyak secara global.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai acuan Brent dan WTI (West Texas Intermediate)adalah sebagai berikut. Secara historis, baik Brent maupun WTI tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya di klaim sebagai Crude Oil yang memiliki kualitas terbaik dibandingkan minyak yang diproduksikan oleh Negara Timur Tengah maupun Russia. Klaim ini bukan tanpa alasan, dikarenakan acuan WTI dan Brent memiliki kualitas minyak yang hanya perlu sedikit dimurnikan untuk menghasilkan produk minyak yang dapat di jual ke konsumen. Minyak WTI dan Brent disebut sebagai minyak ringan yang manis karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Perbedaan signifikan yang dapat diamati adalah kadar belerang WTI hanya sebesar 0,24% yang membuat minyak WTI lebih mudah diolah dan lebih manis daripada minyak yang dihasilkan oleh standar Brent sehingga WTI digunakan sebagai bahan utama pembuatan bahan bakar bensin dan sejenisnya. Sedangkan produk akhir dari penggunaan minyak Brent adalah solar karena tingkat kepadatannya relatif rendah.

Selain dapat dibedakan melalui karakter fisik fluidanya, minyak WTI dan Brent dibedakan melalui negara asal pengasilnya. Minyak mentah dengan acuan Brent ditetapkan untuk minyak

mentah yang berasal dari Mediterania, Eropa, Afrika, Australia, dan beberapa negara bagian di Asia. Sedangkan WTI digunakan untuk mematok harga minyak Amerika Serikat, juga minyak yang di impor dari Meksiko , Kanada dan Amerika Selatan. Sentra perdagangan Cushing, Oklahoma sangat menghargai minyak WTI. Isu bahwa jumlah komoditas minyak dikurung oleh daratan merupakan kelemahan dari minyak WTI adalah keliru, alasan utamanya karena faktor keekonomisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam