Mau Coba Skincare Baru? Begini Tips Aman Mencoba Skincare Baru!

Image by artursafronovvvv on Freepik

Maraknya produk-produk skincare lokal dan internasional terbaru dengan berbagai macam formula dan kemasan menarik, tentunya membuat para pecinta skincare penasaran dan ingin mencoba. Tapi, tidak jarang coba-coba skincare ini berujung pada kulit meradang dan breakout. Berikut tips mencoba skincare terbaru agar kulit terhindar dari breakout:

Kenali kulitmu


Ini hal yang sangat mendasar yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare. Secara mendasar, ada empat jenis kulit wajah, yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi.
Kulit normal biasanya lembap, terhidrasi dengan baik, dan tidak memiliki permasalahan besar. Kulit kering biasanya kasar, kering, dan mudah keriput. Kulit berminyak biasanya mudah berjerawat dan selalu mengeluarkan sebum. Sedangkan kulit kombinasi biasanya hanya berminyak di bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu).
Perlu diingat bahwa kulit normal bisa menjadi kering atau berminyak apabila mengalami dehidrasi. Sehingga, kamu perlu benar-benar mengenali kulitmu, apakah dia benar-benar berminyak? Atau kulitmu hanya sedang dehidrasi?
Setelah mengenal jenis kulitmu, kamu bisa menentukan produk apa saja yang cocok untuk dicoba dan yang tidak perlu dicoba. Misalnya, ketika kulitmu normal namun cenderung dehidrasi, kamu tidak perlu mencoba skincare untuk kulit berjerawat, sebaliknya, cobalah skincare yang fokus menghidrasi atau melembapkan kulit.
Kenali juga reaksi kulitmu terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam skincare, seperti fragrance, silicon, niacinamide, vitamin C, retinol, dan lainnya. Apabila kamu tidak cocok menggunakan skincare yang memiliki kandungan fragrance, maka jangan coba-coba memakai skincare baru yang memiliki kandungan fragrance.

Pastikan telah memiliki skin rescuer


Sebelum mencoba skincare terbaru, pastikan kamu telah memiliki produk “penyelamat” kulit. Sehingga, ketika kulit mengalami breakout setelah mencoba skincare baru, kamu bisa segera menyelamatkan kulitmu agar tidak terjadi kerusakan yang parah. Produk penyelamat ini bisa apa saja, misalkan obat totol jerawat, toner, face wash, serum, sheet mask maupun produk lainnya yang benar-benar bisa menjadi pertolongan saat kulit mulai meradang.

Mulailah dari sample

Beberapa skincare memiliki harga yang tidak murah, sehingga sangat disayangkan apabila telah membeli skincare dengan harga mahal tetapi tidak cocok di kulit. Apabila produk skincare baru yang kamu incar memiliki sample, kamu bisa mencoba membeli sample-nya terlebih dahulu agar tidak terlalu rugi apabila skincare barumu tidak cocok.

Coba satu persatu dalam jangka waktu

Brand skincare sering mengeluarkan produk baru mereka dalam rangkain lengkap, cleansing, toner, serum, dan moisturizer. Tentu sangat menggiurkan bagi konsumen untuk mencoba serangkaian lengkap skincare tersebut.
Sebenarnya, tidak masalah apabila kamu membeli seluruh rangkaian skincare tersebut, namun kamu perlu memperhatikan tahapan pemakaiannya. Usahakan untuk tidak langsung menggunakan seluruh rangkaian skincare dalam waktu bersamaan.
Dalam satu rangkaian produk tersebut, terkadang kamu bisa saja cocok semuanya, atau hanya beberapa saja yang cocok, lainnya tidak cocok. Oleh karena itu, cobalah satu persatu produk tersebut dalam jangka waktu masing-masing sekitar seminggu, agar kamu tahu mana saja dari rangkaian produk tersebut yang cocok dan yang tidak cocok di kulitmu. Apabila dalam seminggu pemakaian terdapat reaksi buruk, maka jangan lanjutkan penggunaan skincare tersebut.

Riset produk

Banyaknya skincare terbaru dengan kemasan dan formula yang mengesankan mungkin membuatmu kebingungan dalam menentukan pilihan. Sebelum membeli dan mencoba skincare terbaru, selalu ingat untuk riset produk yang mendalam. Cek produk skincare terbaru incaranmu apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum. Lihat dan baca juga berbagai macam review di platform media, serta pelajari dengan jeli kandungan yang ada pada skincare tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum mencoba skincare baru. Sayangi kulitmu dengan cara tidak mencoba skincare racikan abal-abal, menghindari produk ber-merkuri, maupun produk ber-BPOM palsu. Semoga bermanfaat.

credit: Image by artursafronovvvv on Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam