Langkah-Langkah Penelitian Kualitatif Menggunakan Nvivo 

Dalam sebuah penelitian, pasti melibatkan metode dan alat atau aplikasi bantuan analisis. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Nvivo. Jika di dalam penelitian kuantitatif terdapat aplikasi SPSS sebagai media olah data, maka dalam penelitian kualitatif juga terdapat aplikasi bernama Nvivo. 

Mengenal Aplikasi Olah Data Nvivo

Nvivo adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data analisis pada penelitian kualitatif. Aplikasi ini sudah digunakan 400.000 peneliti dari 150 negara. Dalam hal ini, di dalamnya terdapat olahan pembuatan tabulasi data, reduksi data, coding, menyajikan data, hingga verifikasi data. Di dalam software ini mempunyai fitur yang sangat lengkap untuk proses oleh data kualitatif.

Langkah-Langkah Penggunaan Nvivo

Setelah mengetahui apa itu Nvivo, kini ketahui langkah penggunaannya. Baca tutorial ini hingga akhir dengan seksama

1. Download dan Install Software

Langkah awal dalam penggunaan Nvivo adalah mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan instalasi pada aplikasi Nvivo. Usahakan jika device atau perangkat Anda mempunyai ruang yang cukup untuk digunakan software aplikasi Nvivo.

2. Melakukan Olah Data

Di dalam aplikasi Nvivo, terdapat banyak fitur seperti Blank Project, Sample Project, Automated Insight, dan lain sebagainya. Jika Anda berada di titik ini, klik Blank Project untuk membuat proyek baru. Kemudian, tuliskan judul, deskripsi, dan pilih file dari device masing-masing.

3. Import File

Pada bagian ini, Anda akan menemukan banyak menu di dalam halaman project yang sudah dibuat. Klik bagian import, dan pilih file. Anda bisa memilih file mana yang akan diolah dalam Nvivo. Dalam aplikasi Nvivo, Anda tidak hanya bisa input data bentuk file saja namun audio serta video juga bisa diupload dalam software ini. Setelah file sudah dipilih jangan lupa klik import.

4. Mengumpulkan File

Jika Anda ingin mengupload beberapa file di dalam Nvivo maka kumpulkan tiap kriteria agar saat dilakukan olah data tidak terjadi kebingungan. Anda bisa memberikan kategori dalam setiap file baik berupa Video, Audio, ataupun Berkas file berbentuk Word dan Pdf.

5. Coding Data

Langkah awal, klik Codes dan Nodes. Klik kanan dan pilih new node. Dalam hal ini, Anda bisa menuliskan nama sesuai dengan keinginan. Kemudian, klik tanda plus dibagian nama folder untuk menambahkan sub folder. Buka file dan pilihlah beberapa kalimat yang ingin dilakukan coding. Setelah itu, klik kanan dan pilih Code. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengenalan dan langkah penggunaan Nvivo. Manfaatkan Nvivo sebagai aplikasi software olah data dalam penelitian kualitatif. Jika anda ingin mengolah data menggunakan Nvivo, kami bisa membantu. Silahkan menghubungi kontak di bawah ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam