Input data kuesioner ke Ms Excel dengan mudah.

Hai kawan, hal yang akan terjadi ketika penelitian entah itu Jurnal, Skripsi ataupun Tesis dan Disertasi adalah collect data. Ada beberapa cara diantaranya interview, kuesioner atau angket, data sekunder dan lainnya.

Kali ini kami akan membahas yang paling umum dilakukan yaitu collect data menggunakan metode kuesioner. Kuesioner adalah  teknik pengumpulan data melalui formulir pertanyaan yang diajukan secara tertulis pada seseorang atau sekumpulan orang untuk mendapatkan jawaban atas penelitian yang dilakukan.

Setelah mendapatkan data kuesioner ketika penelitian, kini saatnya kita harus menginput data. Biasanya expertis akan langsung menggunakan SPSS atau sistem lainnya, tapi untuk yang masih baru belajar biasanya menggunakan Ms Excel.

Lalu, bagaimana cara input datanya?

Pertama, beri nomor urut tiap responden pada kuesioner. Misalnya, kuesioner 1 untuk responden 1; kuesioner 2 untuk responden 2 dst.

Tujuannya agar terhindar dari kesalahan input data dan memudahkan pengecekan. Jangan sampai ada kuesioner yang belum kita input atau dobel input.

Kedua, buat format di Ms Excel dan input data secara manual. Biasanya kolom menurun untuk responden sesuai jumlah misalnya 30 maka akan ada 30 kolom menurun, dan mendatar untuk pertanyaan sesuai jumlah pertanyaan.

Wakilkan setiap pertanyaan dengan simbol. Banyaknya pertanyaan ataupun pernyataan suatu kuesioner tergantung pada indikator atau variabel yang mau diukur.

Misalnya, pertanyaan 1 dengan simbol X1, pertanyaan 2 dengan simbol X2 dan seterusnya. Jika pertanyaan dibagi lagi menjadi kelompok-kelompok pertanyaan, tempatkan mereka pada sheet yang berbeda.

Ketiga, buat coding untuk tiap jawaban. Apabila menggunakan skala Likert biasanya dengan angka 1-5. Apabila dengan penyataan Ya dan Tidak biasanya 0 dan 1. Masukkan angka jawaban (1 sampai 5 atau 1 dan 0) dari responden di kolom mendatar sesuai nomor responden.

Terakhir Keempat, hitung jumlah data. Setelah coding maka buatlah satu kolom tambahan untuk menjumlah semua data yang berupa angka tadi.

Mudah kan kawan, yang diperlukan saat input data adalah KETELITIAN. Setelah input data selesai lanjut next step yaitu tabulasi data dengan sistem seperti SPSS atau lainnya. Selamat mencoba!

Atau jika kawan tidak ada waktu untuk menuliskan hasil kuesioner penelitian, bisa hubungi kami lho..kami punya puluhan ahli yang bisa memudahkan pengolahan data kalian. Pastinya ada garansi ya jika tidak berkenan. Jika kawan ada disekitar Jogja terutama Sleman bisa minta bantuan penulis. Dijamin berkualitas dan cepat kelar deh..See you next time!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, Saya Intan spesialis penulisan Jurnal, Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Chat saya sekarang online 24 jam!