Ekspresikan Dirimu Melalui Journaling

Tahukah kamu bahwa emosi itu bukan hanya tentang hal marah, kecewa, dan sedih? Emosi yang dimiliki manusia ada positif dan negatif, ketika kita bisa merasa senang, enjoy, bangga itu adalah emosi positif yang sedang bertumbuh didiri kita, namun ketika ada momen yang akhirnya membuat kita bisa merasa jengkel, kecewa, marah bahkan sedih saat itulah emosi negatif menghampiri diri kita.

Lalu apa yang biasanya kamu lakukan ketika emosi itu muncul? Pernahkah kamu mengungkapkannya secara langsung? Atau kamu tipe yang memendam perasaan?

Journaling adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan dirimu. Hal ini bisa menjadi sarana untuk katarsis (mengeluarkan emosi yang berlebihan), menurunkan ketegangan, membuat diri menghargai diri sendiri dengan merefleksikan apa yang yang telah dialami, dan memperkuat kemampuan komunikasi interpersonal terhadap diri sendiri.

Journaling rutin dapat memberi dampak positif pada kesehatan mental.

5 Manfaat Journaling

Lalu apa saja manfaat dari journaling itu, simak disini ya!

1. Mengurangi Rasa Cemas

Pada saat mengalami cemas, pikiran cenderung untuk selalu memikirkan hal yang menimbulkan kecemasan. Sehingga dengan menulis jurnal kamu bisa mengeluarkan beban kecemasan yang ada didalam diri.

2. Melatih kreativitas

Saat melakukan journaling, kamu dapat memilih ingin menuliskannya dengan bagaimana dan cara seperti apa. Bisa dengan bentuk catatan harian atau diary, sebuah puisi, bahkan juga disisipkan gambar ataupun warna yang bisa menjadi tanda tentang emosi yang muncul.

Contohnya, warna merah ketika cerita yang kamu tuliskan mengandung emosi negatif. Nah, dengan kebebasan ini kamu bisa lebih melatih kreativitas dalam diri untuk muncul.

3. Menemukan target

Selanjutnya, dengan journaling kamu bisa menulis apa yang kamu inginkan, kamu akan menjadi seperti apa, impian yang ingin dicapai apa, bagaimana cara mencapainya, kapan target dari impian itu harus tercapai. Dengan itu, kamu memberi ruang bagi diri kamu untuk lebih mengenal diri sendiri.

4. Meluapkan emosi

Apapun perasaan yang kamu alami itu adalah hal yang valid. Dengan journaling kamu bisa menulis dan mengeluarkan emosi yang dialami tanpa merasa takut akan komentar orang lain.

Kamu juga bisa merefleksikan apa yang dialami dengan bertanya pada diri sendiri,
“Apa yang membuat hal ini terjadi?” “Apa yang saya rasakan sebenarnya?” “Apa yang harus saya lakukan agar hal ini tidak terjadi lagi?”

5. Memunculkan ide-ide menarik

Dengan menulis jurnal kamu tidak perlu takut akan ada kesalahan. Bahkan dengan terbiasa menulis, kamu akan bisa memunculkan ide-ide setelah merefleksikan kejadian yang dialami dan juga membaca kembali jurnal yang telah kamu tulis.

Nah, menarik bukan manfaat dari Journaling ini? Kamu bisa menerapkannya setiap hari secara konsisten untuk bisa melihat perkembangan dalam diri, so tunggu apa lagi? Yuk dimulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!