Data Sekunder dalam Penelitian

Kegiatan penelitian tentu merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara sistematis. Sistematis artinya memerlukan langkah-langkah secara tertib untuk mengetahui adanya masalah dan berusaha untuk menguraikannya serta menemukan tujuan yang tepat agar penelitian memiliki arah yang jelas. Penelitian pada dasarnya menganalisis data-data yang valid dan dapat dipercaya.

Hal ini digunakan agar hasil penelitian atau temuan mendapatkan benang merah hasil yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa penelitian harus memiliki sumber data yang jelas. Sumber data terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut:

  1. Sumber data primer;
  2. Sumber data sekunder; dan
  3. Sumber data tersier.

Sumber data ini dapat digunakan salah satu saja, asal sumber data telah memenuhi sebagai dasar untuk menganalisa serta dapat menjawab secara proporsional pada tujuan penelitian. Namun, beberapa penelitian untuk memberikan hasil penelitian yang memerlukan sumber data lain, dapat juga untuk menggunakan sumber data yang lain atau semuanya.

Penulis ingin memberikan gambaran mengenai salah satu sumber data dalam penelitian, yaitu salah satunya sumber data sekunder. Sumber data sekunder ini sering kali diabaikan dan bahkan tidak dipakai dalam penelitian. Seharusnya data sekunder ini, juga sumber data yang penting sama halnya dengan sumber data primer. Sumber data sekunder ialah sumber data yang dicari peneliti secara tidak langsung atau melalui perantara.

Sumber data sekunder, dapat digunakan sebagai sumber data primer dalam kondisi tertentu. Hal ini, wajar dilakukan, karena tujuan penelitian tertentu sesuai dengan objek yang telah dirancang dalam metode penelitian. Disamping itu, sumber data sekunder dalam penelitian dapat menjadikan penelitian lebih mudah terkonfirmasi hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Secara sistematika sumber data sekunder dapat juga sebagai mengurai sisi kenoveltian dari hasil penelitian yang ditemukan dengan penelitian terdahulu atau dengan dokumen yang lain.

Sering kali secara teoritis, sumber data sekunder dalam penelitian dibentukkan sebagai file, dokumen, buku, rekaman audio atau vidio, kajian kepustakaan, atau hasil wawancara dan observasi, dan yang lainnya yang ditemukan oleh peneliti disaat penelitian dan data tersebut dapat mendukung penelitiannya. Data yang ditemukan dari sumber data sekunder sebaiknya juga dilampirkan dalam laporan penelitian untuk memberikan kevalidan dan memiliki kredibilitas yang baik.

Jika ada yang perlu ditanyakan mengenai sumber data atau pekerjaan yang menyangkut penelitian serta laporan penelitian, dapat anda tinggalkan komentar dan dapat juga kontak kami, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam