5 Ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Memilikinya?

Memiliki otak yang cerdas adalah suatu keuntungan tersendiri bagi seseorang. Terkadang orang yang cerdas dianggap sebagai orang yang memiliki IQ yang tinggi. Padahal sebenarnya tidak selamanya orang yang cerdas memiliki IQ yang di atas rata-rata loh kawan.

Para ahli menyebutkan bahwa orang yang cerdas banyak yang tidak menyadari tingkat kecerdasan mereka sendiri. Orang cerdas tidak hanya terbatas pada tingkat kecerdasan intelektual saja namun juga pada hal sosial dan juga pengaturan emosional.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menemukan kesamaan sifat di antara orang-orang cerdas, yang salah satunya adalah orang yang sangat cerdas pada umumnya adalah orang-orang yang suka menyendiri. Selain kesukaan menyendiri, terdapat beberapa ciri-ciri orang cerdas lainnya.

Apa sajakah 5 ciri tersebut? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Berpikiran Terbuka

Orang-orang cerdas pada umumnya akan selalu memiliki pikiran yang terbuka. Orang yang cerdas akan terbuka dengan pendapat orang lain dan siap menerima sudut pandang orang lain. Dan tidak akan memutuskan segala hal sendiri dan akan mengambil keputusan dari banyak pendapat orang-orang lain.

2. Humoris

Orang yang cerdas berdasarkan penelitian adalah orang-orang yang memiliki selera humor yang tinggi. Penelitian ini menyebutkan bahwa para Komedian profesional maupun orang-orang yang membuat cerita-cerita lucu akan mendapatkan nilai yang tinggi dalam hal tingkat kecerdasan verbal.

3. Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Ciri orang cerdas yang lain adalah mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Orang-orang yang cerdas pada umumnya menikmati membaca buku, menikmati seni dan selalu berusaha menemukan jawaban dari suatu permasalahan.

Orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi pada umumnya akan mencari jawaban akan sebuah permasalahan dan dengan memenuhi rasa keingintahuan tersebut pertumbuhan kecerdasan akan semakin baik.

4. Peka

Orang-orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, dan mereka dapat merasakan atau mengetahui apa yang dipikirkan oleh orang lain. Bahkan beberapa  psikolog berpendapat bahwa komponen inti dari kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan orang lain dan juga memiliki empati terhadap perasaan orang lain dan melakukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan pada saat itu dengan cara peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain

5. Mengaku Bila Tidak Bisa

Salah satu ciri orang cerdas lainnya adalah apabila mereka menghadapi permasalahan yang tidak mereka ketahui solusinya, maka mereka akan secara terus terang mengatakan bahwa mereka tidak tahu. Namun orang-orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi tidak akan membiarkan ketidaktahuan mereka tersebut.

Mereka akan terus berusaha belajar untuk menemukan cara menyelesaikan permasalahan tersebut dan akan terus berusaha menemukan solusi terbaik akan permasalahan tersebut.

Demikianlah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang cerdas. Apakah ada ciri-ciri tersebut pada diri kawan-kawan. Yuk coba kita perhatikan diri kita dan kebiasaan-kebiasaan kita, sangat mungkin kita tergolong dalam kategori orang-orang cerdas loh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam