5 Cara Menentukan Judul Dalam Penelitian

Judul penelitian merupakan hal yang sangat penting, maka perlu beberapa pertimbangan dalam menentukan judul penelitian untuk mendukung poin ketertarikan pembaca untuk hasrad membaca. Oleh karena itu perlu beberapa hal yang diperhatikan dalam menentukan judul. Jadi dalam menentukan judul itu perlu adanya konsep dan perlu ada yang berapa teori tidak syukur kita menentukan judul.

5 Cara Menentukan Judul Penelitian

1. Tujuan penelitian

Poin yang paling penting dalam menentukan judul adalah tujuan penelitian kenapa karena jika kita sudah mengetahui tujuan dalam penelitian itu secara tidak langsung kita sudah mengetahui gambaran dalam melakukan penelitian oleh karena itu sebelum kita melangkah dalam penelitian kita harus punya target atau tujuan penelitian. Tujuan penelitian itu juga sama halnya dengan target penelitian yang direncanakan. Untuk menentukan tujuan penelitian juga harus disertai dengan beberapa aspek dimana supaya mampu mendukung menjadikan tujuan penelitian tersebut memberikan manfaat oleh para pembaca sehingga hasil tujuan penelitian yang kita akan nantinya lakukan berdampak positif terhadap para pembaca.

2. Metode yang digunakan

Metode dalam sebuah penelitian itu merupakan poin di mana kita bisa melakukannya yang dijadikan sebagai langkah atau strategi melakukan penelitian. Namun jika metode penelitian itu belum diketahui bisa mempengaruhi dalam penentuan judul dan sangat berpengaruh dalam hasil penelitian. Oleh karena itu kita harus mengetahui jenis-jenis metode dalam penelitian dan kita juga harus tahu metode penelitian apa yang patut kita tentukan berdasarkan judul yang sudah kita pilih. Karena judul yang kita tentukan itu secara tidak langsung akan menggambarkan metode penelitian kita yang ditentukan.

3. Masalah penelitian

Tujuan awal dari sebuah judul adalah untuk menarik perhatian pembaca dan untuk menarik perhatiannya pada masalah penelitian yang sedang diselidiki. Masalah penelitian dalam penelitian juga memiliki peran penting dalam judul penelitian. Seperti halnya masalah yang trending atau kabar yang viral di dunia media ataupun yang saat sekarang lagi marak dibicarakan itu memiliki ketertarikan sendiri yang mampu menarik perhatian pembaca dan berminat untuk membaca sampai selesai. Karena ketika membaca sudah tertarik dengan judulnya maka pembaca berkeinginan untuk mengetahui hasil penelitian daripada judul tersebut.

4. Trending Issue

Menentukan judul juga perlu memperhatikan juga trending issue. Soalnya itu akan memberikan ketertarikan sendiri terhadap pembaca. Trending issue banyak sekali mencakup  beberapa hal seperti artis, entertaiment, politik, kriminal dan lain lain. Oleh karena itu perlu kita mengikuti trending issue yang bisa di angkat menjadi judul penelitian.

5. Bahan Penelitian

Dalam menentukan judul juga dibutuhkan bahan penelitian seperti jurnal, makalah, skripsi, proposal penelitian dan lain lain.  Maka bahan penelitian punya peran penting untuk menjadi refrensi untuk menentukan judul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam