Bagaimana Cara Membuat Soal Teka Teki Silang Bahasa Arab?

Bagaimana cara membuat soal teka-teki silang bahasa Arab?

Bagaimana cara membuat soal teka-teki silang bahasa Arab? pertanyaan ini muncul saat ingin memberikan nuansa baru pada kegiatan belajar khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Melihat kedudukan bahasa Arab sebagai bahasa asing di kalangan masyarakat Indonesia, tentunya perlu media yang menyenangkan dalam proses mengajarkannya. Sosok guru adalah manusia hebat yang bergerak untuk menjaga keilmuan dan jiwa murid-muridnya.

Maka tidaklah mengherankan jika menjadi guru adalah tugas yang sangat mulia, karena secara tidak langsung mereka mengemban amanah untuk menjaga kewarasan bangsa. Dalam salah satu khutbah yang disampaikan oleh al-syaikh al-alim al-allamah Dr. Muhammad Said Ramadhan Al-Buthi disebutkan bahwa generasi terbaik lahir dari pendidikan yang terbaik. Dan tentunya pendidikan terbaik itu berjalan berdampingan dengan adanya sosok guru yang penuh teladan dan inspiratif. Sehingga semangat juangnya tidak hanya berdampak pada siswa yang belajar bersamanya tapi juga terhadap lingkungan bahkan masyarakat sekitarnya.

Salah seorang guru pernah berkata, “Membuat rencana pembelajaran itu penting, karena itu menjadi penunjang kesiapan seorang guru dalam mengajar. Jika gurunya sempurna kesiapannya maka guru tenang dan muridpun senang”. Nah, salah satu jenis persiapan dalam belajar mengajar adalah dengan menyiapkan soal-soal. Namun, mendapatkan soal dari guru tidak selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Maka, sebagai guru perlu membingkai soal-soalnya dengan ide-ide yang kreatif, salah satunya adalah dengan membuat soal-soal dengan konsep teka-teki silang atau crossword.

Pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat teka-teki silang bahasa Arab yang mudah dan anti ribet. Cara membuat kotak-kotak teka-teki silang yang otomatis, cepat dan online. Guru cukup menyiapkan soal dan jawabannya. Meski pembahasan di artikel ini difokuskan pada cara membuat teka-teki silang berbahasa Arab, namun tahapan-tahapannya tetap bisa diterapkan untuk pembuatan soal teka-teki silang dari bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.

Soal bahasa Arab yang akan dijadikan teka teki silang saat ini adalah menerjemahkan kosa kata dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Karenanya, siapkan dulu beberapa kosa kata bahasa Arab berikut dengan jawabannya dalam bahasa Indonesia.

Solusi untuk pembuatan teka-teki silang ini adalah dengan memanfaatkan website puzzlemaker.discoveryeducation.com. Website ini cukup bagus untuk digunakan. Tentunya yang membuatkan semakin menarik adalah bisa digunakan secara GRATIS.

Bagaimana cara menggunakan website puzzle maker?

Berikut adalah tahapan membuat teka-teki silang bahasa Arab dengan mudah dan anti ribet:

  1. Buka website puzzlemaker.discoveryeducation.com

    Gambar di atas merupakan tampilan halaman utama setelah link diklik. Nampak ada beberapa menu yang disediakan di website ini. Dari Word Search Puzzle, Criss-Cross Puzzle, Double Puzzles dan masih banyak lagi.

    2. Pilih Criss-Cross Puzzle.

    Website ini berbahasa inggris, jika ingin mempermudah dengan menjadikannya bahasa Indonesia cukup dengan klik ikon titik tiga di bagian kanan atas browser chrome lalu pilih menu translate. Maka, otomatis website akan ditranslate ke bahasa Indonesia.

    Berikut adalah tampilan setelah klik menu Criss-Cross Puzzle kemudian menjadikan website dalam bahasa Indonesia.

    3. Mulai Membuat Teka-Teki Silang.

    • Step 1 diisi dengan judul untuk teka-teki.
    • Step 2 diisi dengan soal dan jawaban.

    Contoh; Kertas, قرطاس (Soal (,) Jawaban). Kertas adalah jawaban. قرطاس  adalah soalnya. Soal dan jawaban dipisahkan dengan tanda koma.

    • Step 3 adalah pilihan antara menampilkan instruksi soal atau tidak.  Jika selesai klik ikon biru dengan tulisan Buat Teka Teki Saya.

    4. Teka-Teki Silang Selesai

    Berikut adalah tampilan setelah teka-teki silang selesai dikerjakan.

    Menu-menu di atas kotak teka-teki bisa dicoba secara mandiri satu persatu. Salah satu menunya adalah menu berwarna hijau “Show Answer” yang berarti menampilkan jawaban pada kotak teka-teki silang.

    Demikian cara membuat Teka Teki Silang dari soal bahasa Arab yang mudah dan anti ribet. Apakah website untuk membuat teka-teki silang hanya puzzlemaker.discoveryeducation.com? pastinya tidak. Ada banyak sekali website yang menyediakan fitur gratis untuk membuat teka-teki silang. Namun sejauh ini website puzzlemaker.discoveryeducation.com bagi penulis adalah yang terbaik. Karena tidak diharuskan untuk log in menggunakan akun google. Cukup masuk ke website dan bisa langsung membuat soal teka-teki silang

    Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca dan sampai jumpa di topik artikel selanjutnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Chat WhatsApp
    1
    Online 24 Jam
    Scan the code
    Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

    ✔ Transaksi aman anti penipuan
    ✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
    ✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

    Chat Admin sekarang, online 24 jam