Aplikasi Pengolahan Data Statistik Pendukung Tugas Akhir

Aplikasi pengolahan data statistik sangat berguna ketika mahasiswa mengerjakan tugas akhir. Mulai dari skripsi, disertasi, dan lain-lain.

Apalagi jika Anda mengambil metode penelitian kuantitatif, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan aplikasi analisis data tersebut. Hal ini untuk membantu Anda dalam proses perhitungan hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Selain itu, data yang dihasilkan juga sangat akurat dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan cepat. Oleh sebab itu, banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih untuk membantu dan mempermudah tugas akhir. Simak ulasannya.

Rekomendasi Aplikasi Pengolahan Data Statistik yang Bisa Anda Coba

Selain mudah untuk digunakan, ternyata beberapa aplikasi ini juga gratis atau tidak berbayar. Anda cukup mendownloadnya melalui situs resmi yang sudah tersedia di internet.

SPSS

Bagi mahasiswa semester 6 atau 7, pasti sudah tak asing dengan aplikasi pengolahan data statistik yang satu ini. Biasanya saat menginjak semester 6 atau 7, mahasiswa akan diajarkan mengolah data dengan SPSS.

Mulai dari uji reabilitas dan kreadibitilias, korelasi, anova, dan lain-lain. Banyak dosen yang merekomendasikan aplikasi yang satu ini karena beberapa hal. Seperti aplikasi ini juga gratis atau tidak berbayar.

Selain itu, untuk mendownloadnya juga relatif mudah dan cepat. Anda bisa menemukan berbagai situs yang menyediakan link download aplikasi tersebut.

Nantinya aplikasi ini sangat membantu Anda untuk mengolah hasil penelitian. Mulai dari penelitian kuantitatif maupun campuran.

Microsoft Office

Aplikasi yang satu ini pastinya sudah sering Anda jumpai di setiap laptop. Ternyata Microsoft Office merupakan aplikasi pengolahan data statistik dasar yang bisa Anda gunakan.

Karena dalam Microsoft Office tersedia berbagai rumus yang bisa Anda gunakan. Mulai dari mengolah dan menghitung data. Akan tetapi, karena Microsoft Office merupakan aplikasi dasar tentunya terdapat sebuah kekurangan.

Biasanya pada laptop tipe atau seri tertentu rumus yang digunakan tidak bisa muncul. Lalu dalam layar biasanya tertulis rumus yang dimasukkan salah atau fault.

SAS

Anda juga bisa mencoba menggunakan SAS untuk mengolah data statistik yang sedang Anda kerjakan. Akan tetapi, SAS menggunakan bahasa pemrograman sebuah laptop atau komputer.

Sehingga untuk pengguna awam atau baru, nantinya akan sedikit kesulitan. Karena harus mempelajari terlebih dahulu beberapa bahasa pemrograman.

Namun jika Anda sudah mahir untuk menggunakannya, SAS akan sangat cocok dan cepat untuk mengolah data. Bahkan hasil perhitungannya pun hampir tidak pernah menemui kesalahan.

Minitab

Aplikasi pengolahan data statistik selanjutnya yaitu Minitab. Dalam aplikasi tersebut akan tersedia berbagai fitur dan rumus. Sehingga memudahkan Anda dalam mengolah data statistik. Khususnya statistik parametiks.

Namun terdapat satu kekurangan dari aplikasi canggih yang satu ini. Kekurangan tersebut dikarenakan tidak semua laptop kuat untuk diinstal aplikasi Minitab.

Jika laptop tersebut tidak kuat, nantinya Anda harus mengulang dari awal atau menambah beberapa formula baru.

Lisrel

Jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi pengolahan data yang mampu menampilkan angka-angka kecil, maka aplikasi ini bisa Anda gunakan.

Tentunya tujuan utama aplikasi ini yaitu agar pengguna mampu memperoleh data hingga sangat terperinci. Hal ini agar tugas akhir yang dihasilkan juga memiliki hasil akurat serta bisa dipertanggungjawabkan dengan mudah.

Namun untuk mendownload aplikasi pengolahan data statistik ini sedikit sulit. Anda harus lebih selektif dan berhati-hati karena banyak situs yang menyediakan link palsu. Bahkan link tersebut berisikan virus-virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!