Apa yang rekruter lihat dari lamaran kerja yang kamu kirim?

Halo, Jobseeker! Welcome to this page!

Di jaman ini, kita tentu bisa melihat banyak sekali lowongan kerja yang tersebar di berbagai media platform digital bukan? Dengan berbagai macam kualifikasi dari yang terbuka untuk fresh graduate sampai yang harus punya pengalaman lima sampai enam tahun, pendidikan minimal SMP sampai Sarjana. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk yang tidak memenuhi kualifikasi wajib tetap bisa mengirimkan lamaran kerja, bukan? Setiap orang punya kesempatan yang sama, yang membedakan adalah keseriusan, kerja keras dan komitmen terhadap pekerjaan yang akan dijalani.

Tapi pernahkah kamu penasaran apa saja hal yang membuat proses screening lamaran kerja lolos ke tahap interview? Hal apa saja yang dilihat oleh rekruter dari lamaran kerja yang kamu kirim sehingga kamu dihubungi kembali untuk melakukan tahapan selanjutnya dari proses rekrutmen tersebut? Yuk, kita bahas.

Di era digital ini kamu tidak perlu menyiapkan puluhan map, salinan berkas penting dan kertas-kertas surat lamaran serta daftar riwayat hidup ya. Banyak perusahaan yang bahkan tidak suka menumpuk berkas-berkas tersebut, loh. Karena selain memakan banyak ruang penyimpanan, hal ini juga terasa tidak efektif karena menyulitkan proses follow up jika ada informasi yang akan disampaikan staff rekruter terkait lamaran yang dikirim. Jadi kamu hanya perlu kirim melalui email atau website resmi perusahaan untuk tahap pertama ya.

Jangan lupa juga untuk hal-hal yang harus diperhatikan jika kamu mengirim lamaran kerja digital. Jika lewat email, sertakan body email-nya ya. Banyak pelamar yang gagal masuk tahap seleksi karena email hanya menyertakan lampiran lamaran kerja sehingga bahkan tidak sempat masuk ke tahap screening. Di body email kamu bisa mencantumkan biodata singkat, maksud mengirim email, posisi yang dilamar, serta kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan rekruter untuk seleksimu ke tahap selanjutnya.

Lalu pada lampiran lamaran yang kamu kirim, selain CV atau daftar riwayat hidup, kamu boleh banget menyertakan berkas lain seperti ijazah terakhir, transkrip nilai dan sertifikat lain yang kamu rasa sekiranya bisa mendukung lamaran yang kamu kirim.

Tentu saja rekruter hanya punya waktu kurang dari sepuluh detik untuk memeriksa CV yang kamu kirim. Maka pastikan CV yang kamu kirim adalah CV terbaru dan memuat informasi penting yang dibutuhkan rekruter seperti nama lengkap, alamat domisili, usia, pendidikan terakhir, alamat email aktif, nomor telpon yang bisa dihubungi, pengalaman kerja atau magang dan rincian tanggung jawab serta pencapaian yang diperoleh sebelumnya. Kamu tidak perlu mencantumkan hobi. Riwayat pendidikan juga cukup sertakan yang paling terakhir.

Jika sudah mencantumkan semua informasi yang dibutuhkan rekruter, kamu akan segera dihubungi mengenai hasilnya apabila lolos screening. Jika tidak kunjung dihubungi dalam kurang lebih 7 hari, segera beralih ke perusahaan lain ya. Banyak peluang yang bisa dicoba dan jika gagal di satu tempat, kamu bisa coba di tempat lain. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam