6 Strategi Sukses Tes CASN 2021

Menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bukanlah sesuatu yang musatahil, karena semua tergantung dari persiapan yang kita miliki.

Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam belajar. Apabila metode belajar kita efektif, maka apa yang dipelajari dapat terserap dengan baik. Berikut adalah 6 strategi sukses Tes CASN 2021:

1. Hindari Sistem Belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)

SKS atau sistem kebut semalam merupakan cara belajar yang dapat berujung pada kegagalan. Oleh karena itu, idelnya persiapan belajar harus dilakukan jauh-jauh hari, setidaknya 4-7 bulan sebelum ujian.

2. Menciptakan Waktu Belajar

Terkadang, waktu belajar menjadi masalah tersendiri bagi kamu yang sudah bekerja dan berniat untuk mendaftar CASN. Oleh karena itu, jika memang kamu punya tekad yang kuat untuk lolos CASN, maka dalam sehari sisihkan waktu 1 jam untuk belajar di pagi hari.

3. Membuat Target Belajar

Dalam membuat target belajar, kamu harus fokus pada materi yang diujikan dalam CAT CASN. Materi CAT terdiri dari 3 kelompok soal, yaitu Tes Wawasan Kebangksaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tentunya, ketiga kelompok soal tersebut memiliki karakteristik materi yang berbeda.

Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat jadwal target belajar. Misalnya, minggu ini khusus belajar materi TWK, lalu minggu depan belajar tentang materi TIU.

4. Membuat Rangkuman

Merangkum merupakan mengambil hal-hal penting dari materi yang dipelajari. Cara tersebut sangat bermanfaat dalam belajar, sehingga kamu bisa cepat menghafal materi yang kamu pelajari.

5. Mengikuti Bimbingan Belajar

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kamu dapat memantapkan materi dan belajar aneka tips-tips mengerjakan soal. Selain itu, kamu juga bisa bertanya tentang materi yang tidak dipahami selama belajar.

6. Practice Make Perfect

Jika kamu pernah mengerjakan soal yang sama, maka biasanya instruksi dan trik pengerjaannya pun tidak jarang akan sama. Sehingga, kamu sudah maju satu langkah dan kamu juga tidak perlu lagi bersusah payah memahaminya lagi. Oleh karena itu, kamu dapat mengerjakan soal dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.