5 Wisata Budaya Terbaik di Indonesia

Indonesia sebagai sebuah negara dengan beragam kebudayaan, suku, dan adat istiadat menjadikan negara ini sebagai surga eksplorasi budaya-budaya eksotik. Untuk kamu yang tertarik berwisata budaya, berikut beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. 

1.Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, merupakan desa dengan keunikan yang menakjubkan, bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Top Award of Excellences di tahun 2012.

Wae Rebo adalah sebuah desa adat terpencil yang terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut dan dikelilingi pemandangan tebing-tebing pegunungan Manggarai yang menakjubkan. Di kampung ini hanya terdapat 7 rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang, yang dibangun membentuk lingkaran dengan satu rumah paling besar di tengah-tengahnya. Desa Wae Rebo menawarkan wisata Budaya dan alam yang sangat asri dan unik, bahkan medan pendakian yang cukup sulit pun menjadi daya tariknya sendiri. 

Foto dok Kampung Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (Juli 2020)(Pankrasius Purnama)

2.Tana Toraja

Tana toraja menjadi destinasi wisata budaya yang direkomendasikan, sebab daerah ini begitu terkenal dengan Rambu Solo, upacara pemakaman termahal di Indonesia, bahkan dunia. Tana toraja merupakan sebuah daerah yang terletak di Sulawesi Selatan yang berada di atas ketinggian, speerti nama daerahnya yang berarti “orang dari atas”. 

Toraja menjadi tempat wisata yang sangat cocok untuk melihat keindahan alam sekaligus keunikan budaya masyarakatnya. Di sini, selain upacara rambu solo yang terkenal, pengunjung bisa menikmati deretan karst, kuburan di dalam batu, rumah adat tongkonan, dan beragam upacara adat yang sangat unik. 

Foto dok Lonely Planet, Hartono Wijaya

3.Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro merupakan desa yang sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari destinasi liburan yang menyajikan keunikan budaya, keindahan alam, dan momen seolah kembali ke zaman megalitikum. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan pantai Ratenggaro berserta menyaksikan kuburan batu tua yang terletak di sekitar perkampungan. 

Selain keunikan kuburan tua dan pantainya yang indah, rumah-rumah di perkampungan ini juga tidka kalah uniknya. Yakni bentuk rumah dengan menara menjulang setinggi 15 meter sebagai ciri khasnya, terbuat dari jerami dengan ketinggian berdasar status sosial pemiliknya.

Foto dok Kemenparekraf, 2022

4.Desa Dayak Pampang, Samarinda

Dayak, sebuah suku pedalaman Kalimantan yang begitu terkenal dengan daya magisnya. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati beragam kesenian suku Dayak, seperti rumah adatnya, tarian adat, pakaian mereka, hingga kebiasaan-kebiasaan unik suku Dayak. 

Rumah adat mereka dikenal dengan nama Lamin Adat Pamung Tawai, sebuah rumah adat berukuran besar dibanding rumah adat lain di Indonesia, serta terbuat dari kayu ulin yang kokoh. 

Foto: (edelweiss_blogger/d’Traveller)

5.Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung adat yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terkenal sebagai kampung yang masih memgang amanat leluhurnya sampai hari ini. Kampung tempat tinggal suku Sunda di pedalaman Tasikmalaya ini didiami oleh ratusan warga dengan 113 rumah, mayoritas berupa rumah panggung. 

Keunikan kampung ini selain adat istiadatnya yakni bahan rumah yang berasal dari alam, tata letak rumah yang unik, serta terdapat rumah Ageung, sebuah bangunan kecil yang konon mampu menampung seribu orang. 

Foto dok Pemkot Tasikmalaya

Itulah beberapa kampung adat yang harus kamu kunjungi di Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi kampung-kampung di atas? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam