5 Tips Agar Tugas Sekolah Tidak Menumpuk

Tugas sekolah telah menjadi kewajiban harian yang dihadapi oleh setiap pelajar. Semua yang namanya tugas, pada umumnya merupakan hal yang tidak menyenangkan untuk dikerjakan. Walaupun kita tahu tugas tersebut sangat baik untuk menambah ilmu kita, terkadang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah tersebut kita sering melakukan penundaan.

Pekerjaan yang selalu ditunda pada akhirnya akan membuat tumpukan tugas-tugas yang malah akan menambah beban kita menjadi lebih berat dan malah akan semakin malas untuk mengerjakannya

Untuk itu kita perlu mengetahui tips-tips penting agar tugas-tugas sekolah yang kita terima tidak menumpuk dan dapat selesai pada waktunya dengan hasil yang maksimal.

Berikut ini adalah tips agar tugas sekolah tidak menumpuk:

1. Menyediakan Waktu Khusus

Pelajar memiliki banyak tanggung jawab dalam kesehariannya diantaranya adalah belajar dan mengerjakan tugas. Untuk dapat melakukan semua tanggung jawab dengan baik, kita juga harus dapat melakukan manajemen waktu yang baik. Kerjakan tugas-tugas sekolah yang telah diterima di waktu khusus yang telah kita tentukan sehingga setiap hari waktu yang kita miliki telah teratur dengan baik.

2. Membuat Skala Prioritas

Terkadang tugas sekolah datang secara bertubi-tubi yang membuat kita kebingungan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Untuk itu kita perlu menetapkan skala prioritas tentang mana tugas yang paling dekat waktu pengumpulannya, tingkat kesulitan pengerjaannya dan berbagai hal lain yang membuat kita dapat mengurutkan mana tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

3. Menentukan Target Tanggal Penyelesaian

Mengerjakan tugas-tugas sekolah berarti kita juga harus mampu mengatur ritme diri kita dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah tersebut. Ada baiknya kita memiliki target tersendiri kapan tugas tersebut harus selesai, dan yang pasti harus sebelum kewajiban tugas tersebut dikumpulkan. Sebagai contoh, apabila dari guru mewajibkan tugas tersebut selasai di tanggal 5, maka kita akan membuat target tugas tersebut selesai pada tanggal 4.

4. Fokus Ketika mengerjakan Tugas

Hambatan paling berat ketika mengerjakan tugas adalah kesulitan berkonsentrasi karena banyaknya distraksi dari berbagai hal. Untuk itu ketika kita akan mengerjakan tugas, ada baiknya menyampaikan kepada orang tua atau saudara tentang tugas yang sedang kita kerjakan. Sehingga orang-orang dirumah paham bahwa kita sedang fokus dan tidak dapat diganggu. Selain itu pastikan juga kita menjauhkan smartphone agar tidak terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul.

5. Mendorong diri

Salah satu hambatan dalam mengerjakan tugas adalah keengganan mengerjakan tugas-tugas tersebut dan menunda-nunda tugas-tugas tersebut hingga mendekati deadline. Untuk itu perlu kita tanamkan dalam diri kita pentingnya menyelesaikan tugas sesegera mungkin agar apabila ada tugas-tugas lain yang muncul kita telah lebih tenang dan tugas-tugas tidak menjadi lebih bertumpuk. Untuk itu kita perlu mendorong diri kita sendiri untuk sesegera mungkin dalam menyelesaikan tugas. Tanamkan semangat dan buat aturan waktu yang jelas agar kita dapat menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan baik

Demikianlah 5 tips yang baik untuk dipraktekkan bagi para pelajar ketika menghadapi tugas-tugas sekolah. Ingatlah memulai lebih cepat dan selesai lebih cepat akan memberikan kita ketenangan dalam belajar daripada menumpuk tugas-tugas sekolah tersebut yang membuat diri kita menjadi tidak tenang ketika melakukan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam