5 Jurusan Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Menjanjikan

kampusimpian.com

Memilih jurusan kuliah bukan hal yang mudah, karena banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Salah satunya yaitu harus sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, karena hal tersebut akan memberikan kamu banyak keuntungan di masa depan.

Akan tetapi, perlu kalian ketahui bahwa tidak semua jurusan dapat menjamin masa depan cerah dengan prospek kerja yang menjanjikan. Kita juga bisa masuk di jurusan kuliah yang jarang diminati, tapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Penasaran apa saja jurusan yang jarang diminati tapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan? Berikut adalah 5 jurusan sepi peminat dengan prospek kerja menjanjikan:

1. Jurusan Kearsipan

Jurusan kearsipan mempelajari ilmu kearsipan dokumen seperti mengelola arsip, membuat model kearsipan, menganalisis, hingga melaporkan arsip tersebut. Meski jarang peminatnya, lulusan jurusan kearsipan selalu dibutuhkan di dunia kerja apalagi di pembukaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

2. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi mempelajari aspek fisika, biologi, kimia, dan evolusi yang berhubungan dengan bintang, planet, dan benda luar angkasa lainnya. Prospek kerja lulusan astronomi ternyata sangat luas, mulai dari pekerjaan di perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga antariksa, observatorium, planetarium, pusat sains, sekolah, hingga media massa.

3. Jurusan Fisioterapi

Jurusan fisioterapi mempelajari tentang fungsi gerak pada tubuh manusia, cara gerak, hingga bentuk otot, tulang dan sendi. Jurusan ini merupakan cabang dari program studi Kedokteran (Pendidikan Dokter). Peluang kerja di jurusan ini cukup besar, karena kamu bisa membuka praktik ataupun bekerja di rumah sakit dan klinik.

4. Jurusan Oseanografi

Jurusan oceanografi mempelajari tentang fenomena laut untuk diaplikasikan ke berbagai bidang, diantaranya: bidang rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana. Mata kuliah di jurusan ini, terdiri atas kalkulus, kimia, matematika, komputasi oseanografi, geografi dasar, hidro dinamika dan lain sebagainya. Jurusan oceanografi masih jarang di jumpai di universitas, sehingga jumlah lulusan tak banyak, dan peluang untuk diterima kerja akan lebih besar.

5. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan mempelajari tentang cara mengolah hasil perikanan dari sebelum panen sampai menghasilkan produk perikanan yang berkualitas. Tidak hanya itu, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari manajemen industri dan bisnis perikanan. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan, karena perlu kalian ketahui bahwa 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan, yang potensi perikanannya harus dimaksimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.