5 Cara Membaca Intensif Yang Baik Untuk Pelajar

Membaca intensif adalah suatu proses membaca yang dilakukan secara seksama, dan juga dilakukan dengan cermat dan teliti. Membaca intensif ini digunakan agar kita dapat memperoleh informasi, yang detail dan juga dapat memahami fakta serta konsep serta gagasan yang tertuang dalam tulisan yang kita baca.

Pengertian lain dari membaca intensif adalah suatu proses membaca secara cermat yang dilakukan untuk dapat memahami tulisan yang dibaca secara cepat dan juga tepat. Dengan memiliki kemampuan membaca intensif kita diharapkan dapat memahami teks atau tulisan yang kita baca secara detail, lengkap, dan dapat memahami fakta, pendapat dan konsep yang terdapat dalam tulisan tersebut. Bahkan untuk anak dan juga pelajar metode membaca intensif ini dapat memberikan rangsangan pada daya imajinatif mereka melalui penjabaran sebuah fenomena yang terdapat pada bacaan yang sangat baik untuk kreativitas.

Ciri serta karakteristik dalam membaca intensif adalah sebagai berikut:

  1. Membaca tulisan dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan juga dapat diingat dalam kurun waktu yang lama.
  2. Melakukan proses membaca yang mendalam pada bagian isi secara keseluruhan
  3. Membaca dengan berbagai macam teknik seperti scanning, skimming, comprehending dan lain-lain
  4. Membaca dengan keterampilan yang detail terhadap pemahaman kata, kalimat hingga seluruh isi teks tersebut.
  5. Membaca dengan konsentrasi dan juga kecermatan yang tinggi dengan tujuan memperoleh struktur teks.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kegiatan membaca intensif itu membutuhkan tingkat fokus yang tinggi serta dilakukan dengan teliti dan juga cermat.

Untuk itu berikut ini adalah cara yang dapat kawan-kawan lakukan dalam membaca intensif yang baik.

  1. Mempersiapkan tulisan atau teks yang akan  kita baca dan memiliki referensi yang tepat.
  2. Membaca teks dan juga memberikan tanda pada beberapa poin-pon penting. Pemberian tanda dapat dilakukan dengan memberikan garis bawah atau tanda bintang pada poin-poin yang kita anggap penting.
  3. Buat pertanyaan untuk dapat membuat ingatan kita lebih terlatih dan dapat lebih memahami konteks dari teks yang kita baca
  4. Setelah selesai, buatlah rangkuman terhadap teks yang telah kita baca dengan menggunakan bahasa kita sendiri berdasarkan poin-poin penting yang telah kita tandai sebelumnya.
  5. Membuat kesimpulan setelah teks tersebut dibaca seluruhnya yaitu dengan menuliskan ide pokok dari setiap paragraf dan menghubungkan ide pokok antar paragraf tersebut sehingga kita dapat memperoleh kesimpulan. Jangan lupa untuk membaca ulang teks tersebut untuk memastikan kesimpulan yang kita buat sudah sesuai.

Metode membaca intensif ini dapat menjadi lebih efektif apabila dilatih secara terus menerus dan metode membaca intensif ini apabila sering dan rutin dilakukan dapat mengasah kemampuan berpikir para pelajar. Yuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam