5 Cabang Olahraga Paling Hits Di Indonesia Tahun 2023

Hallo, kembali lagi dengan saya Mas Aan. Tidak terasa sudah 2023 ya dan tema kali ini saya akan membahas artikel bertema Opini lagi nih, dengan tema 5 Cabang Olahraga yang paling digemari dan paling populer di Indonesia. Mau tau apa aja? Oke, langsung aja saya akan rangkum dibawah ya.

1. Sepak Bola

Yap, posisi pertama adalah Sepakbola. Masyarakat Indonesia mana sih yang gak kenal dengan Sepak bola? Dari yang muda sampai yang tua pasti pernah bermain atau menonton olahraga ini.

Oh iya, mau tau gak sih sejarah Sepa kbola pertama kali dimainkan dimana, apakah benar Sepak bola pertama kali dimainkan di Inggris? Menurut Mas Aan sih tidak, berdasarkan informasi dari FIFA selaku Federasi Sepak bola, Sepak bola pertama kali dimainkan di China pada tahun 206 SM loh, dan dinamakan Cùjū yang memiliki arti bola tendangan dengan peraturan serupa, diperbolehkan menendang bola menggunakan bagian tubuh manapun kecuali tangan.

Permainan Cùjū sendiri dibuat peraturannya oleh Dinasti Han (206-220) SM. Lebih tua dari Inggris bukan?

Messi bermain Sepak Bola.

2. Futsal

Sebenarnya agak bingung sih mau menempatkan di posisi pertama atau kedua karena olahraga Futsal ini sebenarnya lebih populer di tahun 2023 bukan hanya di Indonesia tapi di Dunia. Dengan peraturan lebih sistematis dan bisa dimainkan kapan saja membuat Futsal ini lebih populer dibandingkan Sepakbola yang merupakan “Ibu” dari Futsal itu sendiri.

Kenapa demikian? Secara garis besar olahraga Futsal ini memiliki banyak kesamaan dengan Sepak bola. Hanya saja didalam ruangan (indoor) dan lapangan yang berukuran kecil dengan panjang 25 meter dan lebar 15 meter. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim, yang masing-masing beranggotakan 5 orang dan 9 pemain cadangan yang bisa di rolling, in and out kapanpun mereka mau. Wah, lebih andil kan? Jika permainan sepakbola jika sebuah pemain sudah out pasti tidak akan masuk kembali atau tidak mungkin memainkan semua pemain cadangan bersamaan, tapi di Futsal peraturan itu semua tidak berlaku dan semua pemain memiliki kapasitas yang sama untuk bermain.

Ricardinho bermain Futsal

3. Badminton

Olahraga ini pastinya wajib masuk dalam list dong, dan tetap populer hingga sekarang. Selain prestasi atlet di timnas yang sangat bagus, olahraga ini juga sangat flexible dan bisa dimainkan kapanpun tanpa kenal cuaca. Oh iya, based on history, tidak ditemukan nama spesifik siapa sih pencipta bulu tangkis ini.

Tapi beredar rumor, bahwa pencipta Badminton atau yang kita kenal sebagai Bulu Tangkis ini adalah Angkatan Bersenjata Britania Raya yang saat itu bertugas di wilayah Pune, India pada abad ke 19. Awalnya permainan ini mengikuti permainan populer di Inggris dengan nama Shuttlecock, hanya saja permainan tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda.

Awalnya permainan Shuttlecock ini memakai tongkat untuk menjaga kok agar tetap berada di udara dan tidak boleh menyentuh tanah. 

Kemudian tentara Angkatan Bersenjata Britania Raya membawa permainan tersebut yang telah divariasikan menggunakan jaring ke negaranya pada tahun 1850-an.
Dan akhirnya pada tahun 1860, permainan tersebut berubah nama dengan sebutan Badminton.

Permainan Badminton atau Bulu Tangkis.

4. Gym / Fitness

Diurutan ke empat ada Gym nih atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fitness. Gym juga termasuk olahraga seperti layanan senam dan atletik, gym juga lagi trend banget nih khususnya buat kaum hawa dan kalangan muda di Indonesia, bukan hanya Indonesia, tapi dunia juga deh.

Tahu gak sih, siapa penemu olahraga Gym ini? Menurut sejarah, orang yang dianggap berjasa, menemukan dan mengembangkan alat-alat ini adalah Dr. Gustav Zander, beliau adalah Doctor Orthopedik asal Swedia, Dr Zander lahir pada tahun 1835 dan memang dari kecil dikenal memiliki kecintaan yang sangat luar biasa terhadap pengembangan dan pembentukan otot.

Wah, sangat berjasa juga ya Pak Dokter ini khususnya di dunia olahraga.

Model yang sedang melakukan olahraga Gym atau Fitness.

5. Jogging atau Running

Olahraga yang terakhir ini saya pilih karena memang dari dulu sudah ramai banget sih, khususnya di Indonesia. Gimana gak populer? dimanapun orang-orang berada, mereka sangat bisa melakukan olahraga ini, gak hanya pakai sepatu, pakai sendal pun juga jadi. Olahraga ini biasanya dilakukan saat Car Free Day di kota-kota dan menjelang weekend sabtu dan minggu, yang biasanya masyarakat sambil JJS nih alias Jalan-Jalan Santai.

Seorang pria sedang melakukan Slow Running

Nah, berikut 5 Cabang Olahraga paling populer di tahun 2023, khususnya di Indonesia saat ini.
Sampai bertemu kembali dan semoga teman-teman Jago Ketik sehat semua ya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam