5 Aplikasi Media Sosial Paling Rekomen Untuk Memulai Bisnis

Memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kita di tengah pandemi Covid-19 sangat efektif untuk dilakukan. Namun, banyaknya media sosial saat ini membuat kita terkadang bingung harus memilih media sosial mana yang cocok untuk mempromosikan bisnis kita.

Oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi 5 aplikasi media sosial paling rekomen untuk memulai bisnis.

1. Instagram

Logo Instagram

Saat ini Instagram telah menjadi wajahnya suatu bisnis, sehingga apabila seseorang tertarik dengan suatu produk dengan merk tertentu, biasanya yang dilakukan orang tersebut pertama kali yaitu melihat akun Instagramnya terlebih dahulu.

Hal tersebut, didukung dari sebuah survei yang menyatakan bahwa 45% pengguna Instagram membeli produk dari apa yang telah mereka lihat di Instagram. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Instagram termasuk salah satu pilihan terbaik untuk memulai bisnismu.

Instagram memiliki beberapa fitur, diantaranya: Feed Post, Story, IGTV Video, dan yang terbaru yaitu Reel. Fitur-fitur tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produkmu dengan membuat berbagai konten.

2. WhatsApp

Logo WhatsApp

WhatsApp termasuk media sosial populer yang paling banyak digunakan di dunia, salah satunya di Indonesia. Indonesia merupakan negara pengguna WhatsApp terbanyak ke-4 di dunia dengan rentang usia pengguna 16 tahun sampai 64 tahun.

WhatsApp memiliki beberapa fitur, diantaranya: chat, panggilan suara, dan panggilan video. Untuk mendukung bisnismu, kamu dapat menggunakan fitur WhatsApp Bisnis, karena dapat membalas pesan secara otomatis, dapat menambahkan informasi atau gambar produk, dapat melihat statistik pesan, dan lain sebagainya.

3. Facebook

Logo Facebook

Meskipun sering di cap sebagai “media sosial jadul”, nyatanya Facebook termasuk media sosial yang selalu mengalami peningkatan jumlah penggunanya dan saat ini memiliki 130 juta pengguna di Indonesia.

Di Facebook, kamu dapat menemukan berbagai komunitas sehingga kamu dapat bergabung di komunitas yang relevan dengan bidang bisnis yang kamu jalankan. Kamu juga dapat membuat Facebook Fanpage sebagai tempat berbagi tentang bisnismu, dan dapat menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis sesuai target dan kriteria pengguna Facebook yang akan melihat iklamu.

4. Twitter

Logo Twitter

Twitter merupakan media sosial paling populer di Indonesia dengan pengguna terbanyak setelah Instagram. Banyak konten viral berawal darisini dan bahkan sampai dishare ke media sosial lainnya.

Di Twitter, kamu dapat membagikan postingan bisnis pada fitur tweet atau memakai fitur reply dan retweet untuk berinteraksi langsung dengan pengguna lainnya yang relevan dengan bisnismu.

Kamu juga bisa mendapatkan exposure lebih tinggi apabila tweet kamu ada yang menyukai, meretweet, mereplay, dan mem-promote. Karena hal tersebut tweet kamu dapat muncul di timeline pengguna tersebut dan pengikut pengguna tersebut juga dapat melihat tweet kamu.

5. Tik Tok

Logo Tik Tok

Tik Tok merupakan media sosial untuk berbagi video dengan durasi pendek yang populer di kalangan anak muda. Meskipun pada tahun 2018 Tik Tok sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia, saat ini Tik Tok menjadi media sosial populer dengan 10 juta pengguna di Indonesia.

Melalui Tik Tok, kamu bisa mendapat jangkauan lebih besar dengan mudah karena algoritmanya. Salah satu strategi promosi yang dapat kamu gunakan yaitu dengan menggunakan “#” hastag viral pada video kreatif yang akan kamu upload, menggunakan Tik Tok Ads, atau kamu juga dapat bekerja sama dengan Influencer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.