Lulusan S-1 Bahasa Arab Kerja Apa?

Nanti saya kerja apa?

Pertanyaan di atas wajar akan selalu terngiang-ngiang di kepala begitu kita beranjak dewasa. Menghadapi realita kehidupan yang mendorong kita untuk berpikir cepat dan bergerak lincah. Selain untuk tujuan menuntut ilmu dan menggali pengalaman, masuk bangku perkuliahan juga menjadi salah satu bekal untuk memasuki dunia kerja. Karenanya, tidak salah jika sebelum memutuskan untuk memilih jurusan, kita pertanyakan dulu karir apa yang akan kita kejar dengan jurusan tersebut di kemudian hari. Masuk jurusan ini, nantinya saya bisa kerja apa?. Kuliah memang bukan hanya sekedar supaya bisa kerja, tapi sebagian pekerjaan membutuhkan bukti bahwa kita kuliah.

Di artikel ini akan dicantumkan beberapa prospek kerja untuk lulusan S-1 Bahasa Arab. Simak baik-baik dan jangan sampai terlewat!

1. Mutarjim (Penerjemah)

Menjadi seorang Mutarjim (Penerjemah) adalah prospek kerja yang menjanjikan. Kemampuan untuk menerjemahkan dokumen resmi seperti Surat Perjanjian Kerjasama, Ijazah, Surat Nikah sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, minat masyarakat Indonesia yang didominasi oleh masyarakat muslim memunculkan lembaga-lembaga pendidikan yang menjadikan bahasa Arab sebagai kurikulum di dalamnya. Sehingga cukup banyak kitab-kitab bahasa Arab yang perlu diterjemahkan ke bahasa Indonesia bahkan bahasa Daerah.

2. Pendidik (Guru)

ثَبَاتُ الْعِلْمِ بِالْمُذَاكَرَةِ وَبَرَكَتُهُ بِالْـخِدْمَةِ وَنَفْعُهُ بِرِضَا الشَّيْخِ

Kekalnya ilmu dicapai dengan terus belajar (berulang-ulang)

Dan barokahnya ilmu dicapai dengan khidmah (pengabdian)

Sedangkan manfaatnya ilmu dicapai dengan keridhaan guru

Menjadi guru berarti bersiap untuk terus belajar, merawat ilmu di sepanjang waktu. Menjadi guru berarti bertekad untuk mengabdi, mengamalkan dan mengajarkan ilmu, meneruskannya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Menjadi guru berarti berusaha untuk terus sadar diri; sadar bahwa tidak akan bisa menjadi seorang guru kecuali ada guru yang mengajari sebelumnya, sadar bahwa saat menjadi guru ada hati yang perlu dijaga untuk tidak mendoakan keburukan kepada para penuntut ilmu, karena manfaatnya ilmu didasari oleh ridha dari guru.

3. Katib (Penulis)

لَا تَسْتَعْجِلْ، فَعِنْدَمَا يَحِيْنُ الْوَقْتُ الْمُنَاسِبُ سَتَحْصُلُ

Jangan terburu-buru, adapun ketika waktunya telah tiba, kamu pasti berhasil

Quote di atas di atas merupakan nukilan dari buku menarik berjudul Ihda’ yang berarti “Tenanglah”. Buku karya Ahmad Fathyakan ini merupakan kumpulan quote atau kata-kata pendek berbahasa Arab yang dilengkapi dengan arti dalam bahasa Malaysia, ada juga edisi dalam bahasa Inggris. Bukan hanya itu, di setiap quote dicantumkan pula kosa kata bahasa Arab beserta artinya, ini sangat luar biasa. Sehingga sambil lalu menikmati keindahan kata-kata yang penuh hikmah, pembaca juga mendapatkan kosa kata bahasa Arab yang baru untuk menambah kecakapan berbahasanya.

Nah, jika kamu termasuk pecinta bahasa Arab, tertarik pada dunia sastra, dan mahir dalam menyusun kalimat berbahasa Arab, menjadi seorang penulis seperti penulis buku Ihda’ ini merupakan pilihan yang menarik yang bisa diperjuangkan.

Sebelum lanjut ke prospek kerja lulusan S-1 Bahasa Arab selanjutnya, ada satu quote tambahan dari akun instagram @fathyakan yang menarik dan perlu kita renungkan bersama,

قَدْ يَكُوْنُ حِلْمَكَ نَجْمَةً، وَكَتَبَ اللهُ لَكَ قَمَرًا

Mungkin saja mimpimu adalah menjadi bintang, tetapi Tuhan telah mentakdirkan dirimu menjadi bulan.

4. Freelancer

Menjadi freelancer bukan sesuatu yang asing lagi di era modern ini. Memanfaatkan teknologi sebaik mungkin adalah kuncinya. Sebagai lulusan S-1 Bahasa Arab kamu bisa mencoba untuk membuka Kursus Online/Offline Bahasa Arab, target pesertanya bisa bermacam-macam, dari anak-anak yang belajar di tingkat dasar sampai orang-orang dewasa yang ingin belajar bahasa Arab.

Jika tidak memungkinkanuntuk membuka kursus, kamu bisa membuka Jasa Pengetikan Spesialis Bahasa Arab ataupun Jasa Desain Grafis Bahasa Arab. Ada cukup banyak kebutuhan pengetikan bahasa Arab seperti pengetikan soal, buku munajat, buku panduan, proposal, dll. Di bidang desain grafis bisa berupa kebutuhan untuk membuatkan desain sertifikat ataupun ijazah yang custom bahasa Arab, bisa juga pembuatan cover buku-buku nuansa Arab yang Islami.

Itulah beberapa prospek pekerjaan bagi lulusan S-1 Bahasa Arab yang bisa penulis sebutkan dan jelaskan. Kalaupun suatu saat nanti setelah lulus kamu bekerja tidak di bidang yang sesuai dengan jurusan kamu, jangan putus asa. Percayalah, tuhan telah memberikan setiap orang kelebihan dengan takaran rejekinya masing-masing. Yang terpenting, jangan nganggur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam