Strategi Bisnis Bulan Ramadhan

Bisnis bulan Ramadhan tentunya bisa memberikan Anda penghasilan tambahan di bulan yang penuh berkah.

Banyak usaha yang mendapat rezeki melimpah dari datangnya bulan suci ini layaknya menjual baju lebaran, kebutuhan rumah tangga, hingga oleh-oleh.

Kini, tidak perlu ragu lagi untuk menjalankan bisnis sebab beberapa tips berikut akan membantu Anda untuk sukses.

Tren Bisnis Bulan Ramadhan yang Terdeteksi Google

Menjelang bulan Ramadhan, ada beberapa tren, nih yang sudah mulai terdeteksi oleh Google dan Facebook. Penasaran? Yuk, lihat-lihat melalui list berikut ini.

1. Bisnis Online Semakin Diminati

Ternyata, bulan Ramadhan tidak hanya memicu peningkatan jumlah konsumen, tetapi juga jumlah orang yang tertarik untuk memulai bisnisnya secara online. Apakah Anda termasuk sebagai salah satunya?

Pencarian untuk keyword bisnis online atau cara menjadi pebisnis online nyatanya meningkat. Beberapa perilaku konsumen yang khas juga terdeteksi, seperti berlomba-lomba mencari diskon, periode puncak belanja 10 hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Produk yang paling laku sudah pasti produk makanan, busana, dan perhiasan. 

2. Kemudahan Akses yang Paling Diutamakan

Kalau bisnis Anda semakin mudah dijangkau via online, semakin besar pula kemungkinan produk Anda laku di bulan Ramadhan. Kini, tidak sedikit yang memilih untuk berbelanja via online karena merasa lebih aman ketimbang berbelanja produk fisik. 

Buktinya, sebagian besar orang Indonesia saat ini lebih memilih untuk memesan makanan via online. Anda yang memiliki bisnis kuliner, disarankan untuk segera menyediakan layanan pesan antar.

3. Influencer Jadi Referensi Utama

Konsumen yang mencari hiburan secara digital menyebabkan influencer semakin populer. Public figure ataupun selebritis nyatanya dapat mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja. Dengan begitu, momen ini dapat Anda jadikan kesempatan untuk menggunakan influencer saat melakukan promosi produk. 

Tips untuk Mendukung Kesuksesan Bisnis Bulan Ramadhan Anda

Setelah mengetahui beberapa trennya, kini saatnya Anda mulai memanfaatkanya dengan baik. Caranya? Langsung saja, ikuti beberapa tips ampuh berikut.

4. Bangun Online Presence

Karena konsumen memilih untuk beralih ke platform online, Anda bisa segera membangun online presence. Misalnya saja, mulai membangun website, membuka toko online di marketplace, atau mulai dulu dari membuka akun sosial media. 

Website memungkinkan Anda untuk menampilkan kampanye Ramadhan yang menarik, fleksibel, dan sesuai style bisnis. 

5. Pakai Strategi Digital Marketing

Pemasaran sangat penting untuk meningkatkan penjualan Anda. Tidak hanya membangun website saja, Anda harus mulai menargetkan keyword-keyword bertemakan Ramadhan di Google, memasang iklan, memanfaatkan affiliate marketing, dan menawarkan produk melalui media sosial. 

6. Buatlah Konten Sesuai Minat Konsumen

Pencarian terkait tren hiburan digital juga semakin meningkat. Anda dapat menjadikannya sebagai kesempatan terbaik untuk melakukan promosi melalui konten. 

Biasanya, di bulan Ramadhan banyak bisnis yang berbondong-bondong menarik perhatian pembeli dengan cara menampilkan konten menarik. Anda bisa membuat konten sederhana yang menarik untuk bulan Ramadhan. 

Jenis konten yang bisa menghibur target konsumen adalah podcast, infografik, konten email (newsletter), dan artikel blog. 

7. Sarana untuk Berbagi

Bisnis Anda nyatanya dapat menjadi sarana untuk berbagi atau tempat orang-orang yang ingin memberi sedekah dan zakat. Tidak hanya memberikan bisnis citra positif, konsumen bisa merasa simpatik terhadap brand Anda. 

Misalnya saja, kampanye eBadah yang dilakukan oleh Gojek untuk menerima donasi secara langsung. Bisa juga dengan menawarkan pelanggan untuk berpromosi melalui produk yang ditawarkan, seperti Poin Berkah Telkomsel.

Masih ragu untuk menjalankan bisnis bulan Ramadhan Anda? Momentum di bulan yang penuh berkah tentu tidak boleh dilewatkan. Anda harus membuat bisnis Anda dapat membawa keberkahan dan bermanfaat baik bagi para konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam