Mau Ketik Ulang Dokumen? Gunakan Google Lens

Siapa disini yang tidak mengenal Google? Sebagai salah perusahaan teknologi terbesar, Google memiliki berbagai macam produk, seperti Google Drive, Google Meet, Google Map, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan produk yang satu ini yakni Google Lens.

Meskipun tidak seterkenal produk Google lainnya, tapi rupanya Google Lens memiliki fitur yang bermanfaat loh! Jadi, bagaimana cara kerja fitur Google Lens? Yuk! Simak penjelasan di bawah ini.

Kenali Google Lens Lebih Jauh

Sebelum memahami fitur Google Lens, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Lens. Google Lens merupakan produk Google yang terbilang cukup baru karena baru dirilis pada bulan Oktober 2017 dengan ditenagai oleh teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Sehingga dengan teknologi tersebut, Google Lens mampu membaca dan mengenali beragam informasi dari sebuah gambar.

Pada awalnya, Google Lens hanya tersedia untuk smartphone Pixel dan Pixel 2 saja, namun seiring berjalannya waktu smartphone lain pun sudah bisa menggunakannya. Bahkan, Google Lens juga telah tersedia untuk pengguna iOS.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi khusus bernama Google Lens lewat App Store atau Google Play Store, tergantung sistem operasi yang digunakan.

Google Lens sendiri memiliki beberapa fitur, yaitu menerjemahkan teks, mencari foto yang mirip, mengidentifikasi jenis tanaman dan hewan, mencari informasi tempat atau bangunan lewat foto, dan membantu menemukan solusi penyelesaian soal-soal matematika, kimia, dan lain-lain.

Mengubah Foto menjadi Teks Lewat Google Lens

Apakah kamu sering kesulitan ketika harus menyalin teks dari gambar? Eits, sekarang kamu tidak perlu pusing lagi karena Google Lens sudah menyediakan fitur ubah foto atau gambar menjadi teks dengan mudah.

Cukup 3 langkah mudah untuk menggunakan Google Lens yaitu :

  • Buka Google Photos dan pilih foto yang terdapat teks.
  • Pilih fitur “lens” lalu sorot teks.
  • Pilih opsi Copy Text.
Google Lens 獨立上架Google Play 商店,多款智慧型手機適用! - 電腦王阿達

Adapula cara lain apabila kamu ingin menyalin teks dari dokumen yang ada di sekitarmu, yakni :

  • Dapat dengan membuka aplikasi Google Lens terlebih dahulu.
  • Klik ikon dokumen dan arahkan ke lembar kertas yang berisi tulisan.
  • Kemudian, Lens akan otomatis mengetahui keberadaan teks di kertas tersebut.
  • Terakhir, kamu hanya tinggal memilih bagian teks mana yang ingin kamu scan dan lanjutkan dengan menyalin teks tersebut ke aplikasi yang diinginkan.

Kamu juga bisa mengintegrasikan secara langsung salinan teks yang telah dipilih ke PC dengan memilih opsi “Salin ke Komputer” dan cari perangkat yang terdaftar.

Namun, sebelum memilih fitur tersebut, kamu harus memastikan PC mu sudah login ke Chrome menggunakan akun Google yang sama dengan smartphone-mu.

Jika seandainya tidak sama, maka tidak akan ada daftar pilihan perangkat yang muncul.

Terlihat sangat mudah, bukan? Perlu diingat, apabila kamu mengambil foto dari gambar dengan teks yang berasal dari tulisan tangan maka kamu harus memastikan tulisan tangan yang ingin kamu ambil bisa dibaca dengan jelas.

Sedangkan, untuk gambar yang didapat dari hasil jepretan buku, maka hasil tangkapan gambar tersebut tidak boleh buram ataupun tampak bergoyang. Hal ini dimaksudkan agar aplikasi Google Lens dapat membaca dan memindai teks yang akan disalin.

Setelah membaca langkah-langkah penggunaan Google Lens tersebut, kamu pasti menyadari bahwa aplikasi Lens ini bisa meningkatkan produktivitasmu sehari-hari. Intinya, kamu bisa mendapatkan informasi yang penting dari foto yang kamera smartphone-mu tangkap.

Tunggu apalagi? Yuk! Coba fitur lens yang satu ini. Selamat mencoba. Namun, jika dokumen anda dirasa banyak dan membutuhkan bantuan atau perlu bantuan ketik ulang dan edit dokumen. Saya siap membantu anda 24 jam. Chat sekarang dengan klik tombol WhatsApp yang melayang di layar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Elsa spesialis pengetikan berbagai jenis dokumen di Jagoketik.com.

Butuh bantuan pengetikan cepat dan hasil terbaik? Chat saya sekarang, online 24 jam.