Cara Mengembangkan Pola Pikir Agar Produktif

Produktif Dalam beraktivitas, kita sering mendengar istilah produktif. Memanfaatkan waktu untuk bekerja secara produktif dan efisien tentu menjadi pilihan terbaik. Bekerja secara produktif akan membantu kita dalam mencapai hasil yang maksimal.

Menjadi produktif tidak bisa dilakukan secara instan, perlu adanya kebiasaan yang positif untuk membangun kebiasaan yang produktif.

Berikut ini ada pengertian dan beberapa tips agar menjadi lebih produktif. Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian Produktif

Produktif merupakan pemikiran yang dituangkan menjadi sikap yang memiliki konsep bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Produktif juga berarti sikap yang selalu ingin menghasilkan karya atau sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan dan orang lain.

Ada beberapa hal yang membedakan antara produktif dan sibuk, antara lain:

Tujuan

Orang yang produktif cenderung memiliki langkah-langkah tertentu untuk mencapai tujuan. Mereka mempertimbangkan keputusan dan langkah yang jelas dan terukur. Dengan begitu, tujuannya akan lebih terukur dalam langkah-langkah kecil dan kemungkinan untuk tercapai semakin tinggi.

Prioritas

Orang yang produktif memang memiliki prioritas yang banyak. Namun, mereka dapat membaginya sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Mereka tahu mana yang harus didahulukan sebagai prioritas utama dan mana yang bisa ditunda. Mereka bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu dan tentunya bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik daripada orang sibuk.

Persetujuan

Ketika menerima tawaran, orang yang produktif cenderung untuk berpikir terlebih dahulu sebelum menyetujui. Mereka mempertimbangkan tawaran tersebut untuk disetujui atau ditolak. Kemampuan mereka untuk menyetujui atau menolak tentunya berdasarkan pertimbangan kemampuan mereka untuk mengerjakan tawaran tersebut. Hal ini dilakukan karena bisa mempengaruhi skala prioritas orang yang produktif.

Tindakan

Orang yang produktif cenderung berorientasi pada kejelasan hasil. Mereka memperkirakan atau membayangkan hasil yang akan dicapai sebelum melakukan sesuatu. Dengan perkiraan tersebut, mereka akan bertindak secara hati-hati dan terukur, sehingga dapat menghasilkan pekerjaan sesuai tujuan.

Kesibukan vs Hasil

Orang yang produktif cenderung untuk berbicara mengenai hasil atau pencapainnya. Mereka tidak disibukkan dengan membicarakan kegiatan atau kesibukan yang mereka jalani. Hasil dari pekerjaan merekalah yang akan berbicara.

Tips Agar Lebih Produktif

Agar bisa lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Menerapkan pola kerja atau kebiasaan kerja yang positif adalah salah satunya. Menentukan skala prioritas dan membagi pekerjaan ke dalam rincian-rincian kecil akan membantumu untuk tetap produktif.

Salah satu hal yang harus diperhitungkan untuk menjadi orang yang produktif adalah mood. Dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari tentu terkadang kita bisa merasa bosan atau jenuh. Oleh karena itu, mengatur mood bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memiliki cara untuk menghilangkan rasa bosan agar bisa tetap produktif.

Berikut ini berbagai tips yang bisa kamu terapkan agar bisa selalu produktif.

Manajemen Waktu yang Baik

Produktif bukan berarti kamu harus menghabiskan waktu untuk terus bekerja. Pembagian waktu atau manajemen waktu adalah hal yang utama untuk dapat produktif. Kamu harus bisa mengatur jadwal untuk bekerja secukupnya dan beristirahat secukupnya.

Buatlah  to do list

Ketika akan mengerjakan sesuatu atau memulai hari, kamu bisa membuat to do list atau daftar hal-hal untuk dikerjakan. Hal ini untuk menghindari mengerjakan sesuatu secara sekaligus. Rencanakanlah pekerjaan yang menjadi prioritas dan bagi menjadi beberapa list pekerjaan kecil. List pekerjaan tersebut bisa kamu rincikan dengan lebih jelas dan sesuai tujuan.

Menghindari Distraksi

Distraksi seringkali menganggu dan berpengaruh terhadap produktivitasmu. Jika tidak dilawan, maka distraksi bisa merugikan, terutama waktumu. Agar produtivitasmu tidak terganggu, cobalah untuk menjauh dari hal-hal yang sering membuatmu terdistraksi. Usahakan untuk selalu berkonsentrasi  dan fokus terhadap pekerjaan, tetapi jangan lupa untuk istirahat sejenak.

Orang yang produktif cenderung lebih bermanfaat dan menghasilkan pekerjaan yang lebih maksimal. Mereka memanfaatkan waktu dan prioritas pekerjaan, sehingga tujuannya dapat tercapai. Menjadi orang yang produktif bukan tanpa tantangan. Akan ada banyak hal yang membuatmu kehilangan fokus dan berpengaruh terhadap produktivitas. Oleh karena itu, selalu coba untuk menjauh dari distraksi dan memanajemen waktu yang baik.

Demikian beberapa tips terkait meningkatkan produktivitas kerja anda, namun jika anda merasa butuh bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan anda tentu tidak masalah juga jika anda meminta bantuan rekan kerja anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!