Buat Toko Onlinemu Sendiri dengan Mudah

Banyaknya usaha atau startup baru dibidang apapun membuat persaingan dunia usaha sangat ketat. Banyak hal dan cara yang dilakukan oleh pelaku usaha agar produk mereka diminati dan banyak konsumen yang membeli.

Baik itu secara konvensional maupun menggunakan platform online dilakukan oleh pelaku usaha untuk menggaet customer.

Semakin banyaknya usaha – usaha baik itu kecil, menengah maupun usaha besar dan dipadukannya dengan zaman yang sudah digital membuat pelaku usaha mau tidak mau harus mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan zaman.

Salah satu metode atau cara untuk menggate customer adalah dengan membuat toko online sendiri, baik itu usaha yang masih rumahan hingga usaha besar sudah banyak menggunakan platform onlineshop sebagai media mereka dalam memasarkan produk.

Karena dengan toko online, membuat customer akan lebih mudah dalam berbelanja selain itu owner juga akan mudah dalam mengontrol penjualan mereka. Lalu, apakah sulit membuat toko online sendiri?

Banyak cara membuat toko online sendiri, mulai dari yang mudah hingga yang rumit dan mulai dengan fitur yang sederhana maupun fitur yang sudah sangat kompleks. Semua tergantung kebutuhan dari usaha itu sendiri.

Salah satu cara membuat toko online yang sederhana adalah membuat toko online menggunakan wordpress. WordPress banyak digunakan oleh user sebagai media dalam mempromosikan produk mereka maupun digunakan sebagai media informasi lainnya.

Banyak plugin yang disediakan oleh wordpress yang sangat membantu user yang kurang menguasai Website Development.

Salah satu plugin yang terkenal dan banyak digunakan untuk membuat toko online adalah Woocomerce. Lantas, bagaimana langkah membuat toko online menggunakan wordpress sendiri?.

Kali ini saya akan memberikan step by step langkahnya. 

Pertama siapkan beberapa bahan yaitu : 

  1. WordPress. Anda harus sudah memiliki Account WordPress
  2. Plugin versi terbaru untuk Woocomerce, setelah anda memiliki Account WordPress anda harus menginstall plugin tersebut pada website anda. 
  3. Theme. Theme disini, anda dapat memilih maupun custom baik itu mengatur sendiri maupun upload source code pribadi. 
  4. Domain dan Hosting. Hal ini sangat penting sebagai wadah toko online anda nantinya. 

Langkah – Langkah membuat toko online

  1. Install Plugin Woocomerce. 

Masuk Ke Dalam WordPress – Menu Plugins – Add Plugins – Kemudian Cari Woocomerce – Install Now. 

Installing and Uninstalling WooCommerce - WooCommerce Docs
  1. Setelah Installasi selesai, kemudia klik activate
  2. Setelah Active anda akan dibawa pada menu tutorial woocomerce anda dapat skip atau klik let’s go untuk mengikuti tutorial.
Cara Menggunakan WooCommerce untuk Membuat Toko Online
  1. Pada menu “Page Setup” WooCommerce memberikan informasi bahwa plugin akan membuat beberapa halaman untuk Anda secara otomatis. Bagian ini anda sesuaikan halaman apa saja yang akan ditampilkan dan dibuat pada toko online anda. 
Integrate WooCommerce In WordPress Website
  1. Di langkah pengaturan “Store Locale” WooCommerce membutuhkan informasi tentang dimana lokasi Anda dan Mata Uang yang digunakan, Satuan Berat dan Panjang yang digunakan. 
Tutorial WooCommerce: Cara Menggunakan WooCommerce untuk Ecommerce di WordPress
  1. Langkah “Shipping & Tax” ini adalah bagian pengiriman dan pajak. Anda dapat memilih jenis barang yang anda jual baik fisik maupun non fisik. Karena selain barang fisik Woocomerce juga dapat menjual barang non fisik yang berupa didownload. 
Tutorial WooCommerce: Cara Menggunakan WooCommerce untuk Ecommerce di WordPress
  1. Selanjutnya pada menu “Payments” terdapat beberapa macam metode pembayaran yang tersedia seperti PayPal, Stripe, Bank Transfer, Check Payment dan COD (Cash on Delivery). Pilih sesuai kebutuhan online shop anda. 
Tutorial WooCommerce: Cara Menggunakan WooCommerce untuk Ecommerce di WordPress
  1. Last step, anda sudah dapat memulai menjalankan situs toko online anda. Pada langkah ini, anda bisa klik Return to Dashboard WordPress untuk melihat Toko Online anda. 
Tutorial WooCommerce: Cara Menggunakan WooCommerce untuk Ecommerce di WordPress

Dan akhirnya toko online anda sudah dapat digunakan untuk transaksi.

Cukup mudah bukan membuat toko online dengan wordpress.

Selain banyak plugin yang sudah disediakan, manager untuk membuat situs maupun manajer plugin juga lebih mudah. Sekian, artikel mengenai membuat toko online dengan wordpress ini.

Semoga Bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!