10 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Microsoft Excel mungkin merupakan salah satu aplikasi yang paling dikenal. Fungsinya sebagai pengolah data menjadikan aplikasi ini banyak diperlukan. Terutama oleh mereka yang bekerja dan berkutat dengan kumpulan data.

Bahkan, saat ini kemampuan menguasai Ms Excel dijadikan sebagai salah satu syarat untuk bekerja. Kemampuan ini memang akan sangat menunjang untuk beberapa pekerjaan. Pada penggunaanya sendiri memang ada beberapa rumus yang sering digunakan.

Dengan fungsinya sebagai pengolah data, maka tidak heran jika ada banyak rumus dan fungsi yang digunakan pada aplikasi ini. Berikut adalah beberapa rumus excel yang sering digunakan.

IF

IF merupakan rumus yang berfungsi untuk memberikan satu dari beberapa kemungkinan nilai berdasarkan sebuah kondisi logika. Rumus yang digunakan adalah seperti ini

=IF (logic test;  “value if true”; “value if false”)

Dengan rumus tersebut nilai yang dihasilkan tergantung dari apakah pernyataan dari logic test memenuhi syarat atau tidak.

SUM

SUM merupakan rumus yang berfungsi untuk menjumlahkan angka. SUM bisa menjumlahkan angka dengan angka maupun tiap kolom yang memiliki angka. Contoh penggunaan rumus SUM adalah seperti ini :

=SUM (A1 : A20)

Dengan rumus di atas, itu artinya Anda akan menjumlakan angka pada kolom A1 sampai dengan A20.

SUMIF

Ini merupakan rumus gabungan antara rumus SUM dan IF. Fungsi dari rumus ini adalah untuk melakukan penjumlahan dengan kriteria tertentu. Nantinya, yang akan dijumlahkan hanya nilai yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Rumusnya seperti ini :

=SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Contoh penggunaannya seperti ini =SUMIF(A1:A20,”>5”)

Contoh di atas berarti Anda akan menjumlahkan nilai dari kolom A1 sampai A20. Namun kolom yang dijumlahkan hanya yang memiliki nilai lebih besar dari 5.

Average

Average merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata – rata dari sebuah data. Rumus yang digunakan adalah seperti ini :

=AVERAGE(number1:number2)

Contoh penggunaannya seperti ini:

=AVERAGE(A1:A20)

Pada rumus di atas, berarti Anda akan mencari nilai rata – rata dari kolom A1 sampai A20.

Right

Rumus excel lainnya yang juga sering digunakan adalah right. Fungsi rumus ini adalah untuk mengambil beberapa karakter dalam kata maupun angka dari sebelah kanan. Rumus yang digunakan seperti ini

=RIGHT(cell yang dituju;jumlah karakter yang ingin diambil)

Left

Selain fungsi right, rumus excel lain juga adalah left. Fungsinya mirip dengan rumus right. Bedanya pada fungsi ini karakter yang diambil dari sebelah kiri. Rumus yang digunakan seperti ini:

=LEFT(cell yang dituju;jumlah karakter yang ingin diambil)

Match

Ini merupakan rumus yang biasa digunakan untuk mencari suatu data yang cocok dengan kriteria tertentu. Misal jika kita ingin mencari nama seseorang. Rumus yang digunakan adalah seperti ini

= match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

Proper

Ini merupakan rumus yang biasa digunakan untuk merapikan teks pada sebuah data. Fungsi dari rumus ini adalah mengubah huruf pertama menjadi kapital. Rumus yang biasa digunakan adalah seperti ini :

=proper(text)

Upper

Penggunaan rumus ini sama dengan proper yaitu untuk merapikan teks. Rumus ini digunakan untuk merubah teks menjadi huruf kapital. Rumus yang biasa digunakan seperti ini.

=Upper(text)

Lower

Ini merupakan rumus yang berkebalikan dengan upper. Pada rumus ini, semua teks akan akan dirubah ke huruh kecil. Rumus yang biasa digunakan seperti ini :

=Lower(text)

Itulah beberapa rumus excel yang akan sering digunakan dalam dunia kerja. Dengan mengetahui semua rumus tersebut tentu akan sangat memudahkan dalam proses pengolahan berbagai data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!